Pengaruh Komitmen Organisasi dan Job Description Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inoplasindo Mas Perkasa

Yanthi Meitry Gunawan, Arief Prasetyo Wibowo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan  job description  karyawan  terhadap kinerja karyawan di PT. Inoplasindo Mas Perkasa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif assosiatif. Sample dalam penelitian ini berjumlah 60 karyawan, dengan objek penelitian di PT. Inoplasindo Mas Perkasa. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah  sample probability sampling dalam simple random sampling. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Berganda, Koefisien Determinan atau Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel komitmen organisasi (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawawan (Y). Jobdescription  karyawan (X2) berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan (Y).  Dan secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Komitmen Organisasi (X1) dan job description (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) di  PT. Inoplasindo Mas Perkasa. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29% dan sisanya 71% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References

Buku :

Ghozali, Imam. 2018. Desaign Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Yoga Pratama

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. 1. Depok : PT. Raja Grafindo Persada

Mangkuprawira. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Bogor : Ghalia Indonesia

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung Alfabeta

Purwanto, Edy. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 19. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 19. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta : Caps (Center for Academic Publishing Service)

Triansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian. Edisi 1. Bandung : Cv. Pustaka Setia

Jurnal :

Novita dkk. 2016. Pengaruh kepuasa Kerja dan komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Witel Jatim Selatan, Malang). Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.34, No.1.

Pitaloka, Karlina dkk. 2019. Pengaruh Job Description dan Job Specification Terhadap Kinerja Karyawan (Suatu Studi Pada PT. Post Indonesia Cabang Ciamis). Universitas Galuh. Jurnal Business Management and Entepreneurship. Vol.1, No.2.

Sapitri, Ranty. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekan Baru. Universitas Riau. Jurnal JOM Fisip, Vol.3.

Selviani, Meilisa. 2017. Pengaruh Deskripsi Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Camat Tembilahan. Universitas Islam Indragiri. Jurnal of Economic, Business and Accounting, Vol.1, No.1.

Yunisi, Reki. 2018. Pengaruh Job Description Terhadap Produktifitas Kerja Pada PT.

Bumi Palma Lestari Persada Kecamatan Enok. Universitas Islam Indragiri. Jurnal BAPPEDA, Vol.4, No.

Artikel :

https://muhammadilhammubarok.wordpress.c om/2018/06/29/derajat-bebas-degrees-offreedom/tanggal 27 Agustus 2020 pukul 18.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ