Upaya Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19 Di Indonesia

Malika Alshafa Umaira

Abstract


Masalah kesehatan yang terjadi di dunia adalah masalah yang mengkhawatirkan  semua negara termasuk Indonesia. Kasus ini diakibatkan munculnya wabah Corono Virus yang berasal dari kota Wuhan China dan menyebar ke setiap sudut dunia. Pada awalnya pemerintah tidak menuruti metode yang digunakan oleh sebagian negara lainnya perilah informasi yang diberikan terkait COVID-19, yakni dengan melaksanakan reaksi cepat sosialisasi pencegahan. Alasannya agar orang Indonesia tidak khawatir dengan isu yang mengkhawatirkan, selain untuk mengurangi adanya informasi hoax dari segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Akhirnya, wabah Covid-19 menjadi masalah bagi masyarakat dan juga banyak orang. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa langkah-langkah yang telah dilakukan Indonesia dalam menghadapi COVID-19. Metode: Studi ini menggunakan metode studi kepustakaan (literature review). Studi kepustakaan adalah studi yang objek penelitiannya berbentuk karya-karya kepustakaan baik berupa jurnal ilmiah, buku, artikel dalam media massa, maupun data-data statistika. Google Scholar merupakan salah satu alternatif peneliti karena keluasan dalam mengakses serta banyaknya literatur yang dapat diakses secara gratis. Artikel dipilih berdasarkan publikasi yang diterbitkan pada periode waktu dari tahun 2016 hingga tahun 2021. Hasil: Pandemi COVID-19 ini berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi. Dalam hal ini, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan tenaga kesehatan dan infrastruktur, tetapi juga harus melibatkan masyarakat dan sistem kesehatan yang mendukungnya. Pemerintah Indonesia juga telah melaksanakan social distancing pada masyarakat juga memberikan prinsip protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak serta menghindari kerumunan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi gizi seimbang, mengelola penyakit bawaan dan mengamati kelompok rentan dengan karakter hidup bersih dan sehat. Kesimpulan: Pandemi COVID-19 ini memiliki banyak terhadap sosial dan ekonomi. Dalam kasus ini, Indonesia berusaha memutus dengan mengendalikan mata rantai Covid-19 dan memberlakukan serta menerapkan peraturan yang berlaku. Namun, dalam menghadapi Covid 19 ini, kita tidak hanya mengandalkan peran dari pemerintah dan tenaga kesehatan, tetapi juga pada peran dan pengakuan dari masyarakat untuk mampu mengikuti seruan dari pemerintah maupun tenaga kesehatan dengan meningkatkan kesadaran diri untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.


Keywords


Covid-19; penyebaran; pencegahan; kebijakan

Full Text:

PDF

References


Apriluana, G. K. (2016). Hubungan Antara Usia, Jenis Kelamin, Lama Kerja, Pengetahuan, Sikap dan Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan perilaku Penggunaan APD Pada Tenaga Kesehatan. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia., 1-7.

Buana. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. National Research Tomsk State University, Universitas Mercu Buana.

Candra, A. I., Santoso, S., Hendy, Ajiono, R., & Nursandah, F. (2020). Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. Pangabdhi, 150-151.

Irmayani, Br. Bangun, S. M., Parinduri, A. I., & Octavariny, R. (2021). EdukasiTentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan COVID-19. Pengabdian Kepada Masyarakat, 60-62.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.

Putri, R. N. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. 705-706.

Rosyad, Y. S., Wulandari, S. R., Istichomah, Monika, R., Febristi, A., Sari, D. M., & Citra, A. D. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 42-44.

Tri, F. N., & Wibowo, P. (2021). Upaya Pemcegahan COVID-19 Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosia, 178-179.

WHO. (2020, March). Critical Preparedness. Readliness and Response Actions for Covid-19.

Wong, L.-Y. R., & Perlman, S. (2021). Immunology.




DOI: https://doi.org/10.24853/mphj.v2i1.11821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MPHJ: Muhammadiyah Public Health Journal

E-ISSN: 2723-4266

----------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email:[email protected]

----------------------------------------------------------------------------

 


Pengunjung Kami
Powered by Puskom-UMJ