PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN, SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PELAYANAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS LEUWISADENG.

Darwin Navis, Suhendar Sulaeman, Ghofur Ahmad, Siti Hamidah Rustiana

Abstract


Pendahuluan : Pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup yang sehat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. 

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis Pengaruh  Kepemimpinan,  Kompetensi Tenaga Kesehatan, Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pelayanan Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Leuwisadeng

Metode:. Metode penelitian adalah kuantitatif analitik menggunakan desain cross sectional, dan uji statististik adalah uji SEM. Jumlah sampel=126 responden, pengambilan data menggunakan metode wawancara. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Lewisadeng.

Hasil: Uji statistik menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pasien (nilai sig. < 0,05) adalah : kepemimpinan, kompetensi, sarana prasaran dan mutu pelayanan. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap mutu pelayanan adalah sarana prasarana. Sedangkan variabel yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan adalah kepemimpinan, kompetensi dan sarana prasarana. 

Saran : 1) Tingkatkan standar kepuasan pasien dan ; 2) Lakukan pembenahan di internal dan tingkatkan mutu pelayanan di puskesmas melalui kegiatan pengelolaan dan perbaikan manajemen. 

---


Introduction: The development of health in the challenge is to increase the awareness, willingness, and ability of everyone to be able to behave in a healthy life to achieve the established public health status. The purpose of this study is about understanding leadership, competence, suggestions for quality and satisfaction with patient satisfaction.

Purpose : The purpose of  study object is to alysis the Influence of Leadership, Competence of Health

Workers, Infrastructure Facilities on Service Quality and Its Impact on Satisfaction of Inpatients at Leuwisadeng Health Center

Methode : The research method is quantitative analytic using cross sectional, and statistical test is the SEM. Number of samples = 126 respondents, data collection using interview methods. This research was conducted at the Puskesmas.

Results: Statistical tests show that the variables that directly influence patient satisfaction (sig. <0.05) are: leadership, competence, infrastructure and quality of service. While the factors that influence the quality of service are infrastructure. While the variables that indirectly affect satisfaction are leadership, competence and infrastructure.

Suggestions: Improve patient satisfaction standards and; 2) Make improvements in the internal and improve the quality of service in health centers through management activities and management improvement.



Full Text:

PDF

References


Brendan M. Patterson, et.al. 2017. Patient Satisfion Is Associated With Time With Provider But Not Clinic Wait Time Among Orthopedic Patients. Orthopedic Surgery Journal : Volume 40 • Number 1.

Kemenkes RI, 2017. RAKERKESNAS 2017: INTEGRASI SELURUH KOMPONEN BANGSA MEWUJUDKAN INDONESIA SEHAT. http://www.depkes.go.id. Diakses tanggal 20 Maret 2019.

Permenkes RI, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. http://www.depkes.go.id. Diakses tanggal 20 Maret 2019

Sadiq Sohail (2013). “Service quality in hospitals: more favourable than you might think. Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 13 Issue: 3, pp.197-206

Sugiyono. 2013Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumardi Endang, 2017. PEMBANGUNAN KESEHATAN MENURUT UNDANG - UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2014. https://portal.sukabumikota.go.id. Diakses tanggal 20 Maret 2019.

Sunil Ramlall. A Review of Employee Motivation Theories and their Implications for Employee Retention within Organizations. University of St. Thomas, Minneapolis, MN. The Journal of American Academy of Business, Cambridge.

Supranto, 1997. Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Idaman Di Kabupaten Jombang Tahun 1997.

Susilo Munandar, 2009 ” Kajian Analitik Kinerja Perawat dan Sarana Prasarana dengan Kepuasa Pasien di RS Koja. “ STIKIM Jakarta.

Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa. Gramedia Tjiptono, F., Gregorius, Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Andi.Yogyakarta. Hlm. 198.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

Veithzal Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zahra A. & Gunawan A. 2015. Pengaruh Sistem Pengembangan Karir Terhadap Motivasi Berprestasi Karyawan Pada CV Sidiq Managemen Yogyakarta. Journal Managemen Dahwah.

ZulkarnainM.I. 2016. Pengaruh Kepemimpinan. Motivasi Kerja dan Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Timur I. Jurnal Administrasi Publik, 14, 165-17




DOI: https://doi.org/10.24853/mphj.v1i1.7022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MPHJ: Muhammadiyah Public Health Journal

E-ISSN: 2723-4266

----------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email:jurnal.mphj@umj.ac.id

----------------------------------------------------------------------------

 


Pengunjung Kami
Powered by Puskom-UMJ