Kepaniteraan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit

Hantari Rahmawati, Budi Hartono

Abstract


Latar belakang : Banyaknya unit yang dimilik oleh Rumah Sakit menjadikan rumah sakit memiliki standar pelayanan minimal yang mengacu pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya mengenai Standar Palayanan Minimal (SPM). Instalasi Radiologi Rumah Sakit merupakan salah satu unit penunjang medik yang dilaksanakan oleh suatu unit pelayanan yang disebut Instalasi Radiologi. Dengan adanya SPM pada instalasi radiologi diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien. Sehingga akan meningkatkan mutu dan kualitas rumah sakit. Tujuan : Mengembangkan strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit. Metode : Metode dalam penelitian ini adalah action research, yakni penulis mencari jurnal dari artikel penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 hingga 2020. Data-data yang didapatkan kemudian dianalisa dengan fishbone analysis. Selanjutnya penulis membuat perencanaan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan tidak terpenuhinya SPM pada istalasi radiologi. Hasil : Dari hasil identifikasi masalah, kemudian dibuat prioritas masalah, dan ditemukan permasalahan pelayanan di instalasi radiologi yaitu waktu tunggu hasil pelayanan foto thorax ≤ 3 jam yang tidak dapat terpenuhi. Kesimpulan : Perlu adanya penambahan jadwal dokter spesialis radiologi, serta penambahan SDM di instalasi radiologi, penambahan sarana prasarana penunjang pelayanan dan peningkatan motivasi dan semangat kerja terutama untuk lebih meningkatkan kinerja karyawan.


Keywords


Radiologi, foto thorax, waktu tunggu

Full Text:

PDF

References


Amanah P, Mustakim, 2020, Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Radiologi di Rumah Sakit Syarif Hidayatullah Tahun 2018, Visikes 19(1); 118-127

Arietta, Ratna, 2012. Analisis Waktu Tunggu Pasien di Departemen Gigi dan Mulut RSPAD Gatot Sobroto Ditkesad Tahun 2011. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Depok

Brigham E, Houston J. 2001. Manajemen Keuangan Buku. Edisi Ke-8. Jakarta: Erlangga; 2.

Elvina, 2018, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau tahun 2017, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 27, 17 (1): 27-32

Endradita M, Galih. Panduan Pelayanan Radiologi. 2017. http:// www.panduindonesia.co.id

Esti, A., Puspitasari, Y. & Rusmawati, A., 2015. Pengaruh Waktu Tunggu dan Waktu Sentuh Pasien Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Poli Umum

Etlidawati, Handayani DY,. 2017, Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional, Medisains: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, 15 (3), Hal 142-147

Hasmawati , Kamariah N, Syukur At, 2018, Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Instalasi Radiologi Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Jurnal Administrasi Negara, 3 (24); 161-176

Hermiati., Hutaoea F., Wiyono T., 2017, Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Radiologi Rs Santa Elisabeth Batam, Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, I (1):42-50

Kemenkumham, 2012, http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/

Mahadewi, Heryana, Kurniawati, Iyan Ayuba, 2019, Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Tangeranggorontalo Journal Of Public Health. Vol 2(1); 110-118

Meilasari W, Suwindere1 W, Polii H, 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Dewasa pada Pelayanan Radiografi Panoramik di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha Padjadjaran J Dent Res Student. Oktober 2019;3(1):87-94

Nugraha, RS, 2019, Sosialisasi Manfaat Pemeriksaan Radiologi Sebagai Upaya Edukasi Dokter Kepada Pasien Penyakit Dalam

Ravikanth, Reddy. (2017). Effective radiological imaging for the good of patients: Weighing benefits and risks. World Journal of Nuclear Medicine, 16(2): 85-87.

Rahmaddian R, Semiarty R, Lita RP, 2019, Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Unit Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Dr. Rasidin Padang, Artikel Penelitian. 8(3); 583-589, http://jurnal.fk.unand.ac.id

Suryani R, Ciptono WS, Satibi, 2017, Analisis Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah di Yogyakarta dengan Pendekatan Lean Hospital, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi 7 (3); 132-141

Suyatno, Ferry. (2008). Aplikasi radiasi sinar-x di bidang kedokteran untuk menunjang kesehatan masyarakat. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, 503-510.

Triwibowo, C. 2012. Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit Sebuah Kajian Hukum Kesehatan, Cetakan 1 Yogyakarta: Nuha Medika.

Yusri, M., 2015, Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pemeriksaan Foto Toraks Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2015, Jurnal Arsi, 2 (1); 64-71




DOI: https://doi.org/10.24853/mphj.v1i2.8746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MPHJ: Muhammadiyah Public Health Journal

E-ISSN: 2723-4266

----------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email:jurnal.mphj@umj.ac.id

----------------------------------------------------------------------------

 


Pengunjung Kami
Powered by Puskom-UMJ