Solusi Lamanya Waktu Tunggu Pelayanan Farmasi di RSUD Cileungsi Kab Bogor Berdasarkan Telaah Jurnal

Nazlinawaty Nazlinawaty, Budi Hartono, Ratu Qurroh Ain

Abstract


Instalasi Farmasi RSUD Cileungsi merupakan bagian dari Rumah Sakit. Waktu tunggu pelayanan Apotek Rawat Jalan RSUD Cileungsi belum sesuai SPM Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menentukan akar permasalahan dan menentukan alternatif solusi atas permasalahan waktu tunggu pelayanan Instalasi Farmasi. Metode untuk mengidentifikasi akar masalah digunakan analisis tulang ikan (fish bone ishikawa) dan dilakukan Focus Group Discussion. Untuk memprioritaskan akar masalah ini digunakan metode USG (Urgency, Serious, and Growth). Metode untuk alternatif solusi adalah Mc. Namara. Hasil penelitian menunjukan 3 akar masalah yaitu proses screening lama dan satu loket, tempat penerimaan resep BPJS dan umum jadi satu loket. Solusi nilai total tertinggi adalah menambah tenaga screening dan loket antrian. Sebelum menambah tenaga screening dan loket antrian, waktu tunggu rata-rata obat jadi 70,81 menit, racikan 139,85 menit. Setelah solusi waktu tunggu rata-rata obat jadi 63,88 menit, racikan 108 menit. Hasil solusi waktu tunggu mengalami penurunan, obat jadi 7 menit, racikan 31 menit.

Keywords


Antrian; instalasi farmasi; loket antrian; screening; waktu tunggu

Full Text:

PDF

References


Profil RSUD Cileungsi Kab Bogor tahun 2019

Hidayat T. Laporan Tahunan 2013 RSUD Blambangan Banyuwangi. Banyuwangi: RSUD Blambangan; 2013.

Febriawati H. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2013.

Ryan G and Valverde M. Waiting Online: A Review and Research Agenda. Internet Research. 2003; 13(3):195-205.

Purwastuti CR. Analisis Faktor-faktor Pelayanan Farmasi yang Memprediksi Keputusan Beli Obat Ulang dengan Persepsi Pasien Klinik Umum di Unit Unit Rawat Jalan Terhadap Minat Beli Rawat Jalan RS Telogorejo Semarang. [Tesis]. Obat Ulang di Instalasi Farmasi RSI Ibnu Sina-Yarsi Universitas Diponegoro, Semarang. 2005.

Pruyn A and Smidts A. Effects of Waiting on the Customer Satisfaction. Satisfaction with the Service: Beyond Objective Time. International Journal of Service Industry Management. 2011;14:133-138.

Aditama TY. Pelayanan Farmasi dalam Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press; 2002.

Susilowati H. Pengembangan Model Sistem Antrian Resep pada Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Haji Jakarta 2002. [Tesis]. Universitas Indonesia, Jakarta. 2002.

Putu Kusmunarini. Penerimaan Dokter Dan Waktu Measures. International Journal of Research in Tunggu Pada Peresepan Elektronik Dibandingkan Marketing. 1998;15(4):321-334.

Davis MM and Heineke J. How Disconfirmation, Perception and Actual Waiting Times Impact Customer Satisfaction. International Journal of Service Industry Management. 1998; 9(1): 64-73.




DOI: https://doi.org/10.24853/mphj.v1i2.8759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MPHJ: Muhammadiyah Public Health Journal

E-ISSN: 2723-4266

----------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email:jurnal.mphj@umj.ac.id

----------------------------------------------------------------------------

 


Pengunjung Kami
Powered by Puskom-UMJ