Gambaran Headache pada Lansia dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya di Desa Dangiang Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat 2018

Robiah Khairani Hasibuan, Raischa Sekar Raafidianti

Abstract


Latar Belakang: Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan mengalami proses menua karena hal ini maka akan semakin mudah untuk timbul berbagai penyakit, salah satunya adalah Headache. Headache atau sering disebut sebagai sakit kepala merupakan gangguan neurologis yang sering ditemukan. Sakit kepala merupakan suatu jenis nyeri alih ke permukaan kepala yang berasal dari struktur bagian dalam dengan berbagai faktor risiko yang mendasarinya. Tujuan: diketahuinya prevalensi dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Headache pada lansia. Metode: Penelitian ini bersifat analitik dengan design penelitian Cross-Sectional pada 198 lansia di Dangiang, Lombok Utara pada bulan November 2018, dengan pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dan alat instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Faces Rating Scale (FRS). Hasil: angka kejadian responden headache pada lansia di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, adalah 92,4%. Dari semua faktor resiko yang diteliti, tidak satu pun mempunyai hubungan dengan kejadian headache di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Simpulan: Pada penelitian ini, didapatkan sebagian besar lansia mengalami headache namun berdasarkan hasil analisis bivariat, tidak didapatkan hubungan antara umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan indeks massa tubuh dengan kejadian Headache pada lansia di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.


Keywords


DASS; FRS; headache; lansia; PSQI

Full Text:

PDF

References


Tavares RE, Jesus MCP de, Machado DR, Braga VAS, Tocantins FR, Merighi MAB. Healthy aging from the perspective of the elderly: an integrative review. Rev Bras Geriatr e Gerontol. 2017;20(6):878–89.

WHO. Monitoring Health for The SDGs. World Heal Organ Reg Off Eur. 2017;

El-Sherbiny NA, Masoud M, Shalaby NM, Shehata HS. Prevalence of primary headache disorders in Fayoum Governorate, Egypt. J Headache Pain. 2015;16(1):1–8.

Jensen R, Stovner LJ. Epidemiology and comorbidity of headache. Lancet Neurol. 2008;7(4):354–61.

Zhang Y, Shi Z, Hock D, Yue W, Liu S, Zhang Y, et al. Prevalence of primary headache disorders in a population aged 60 years and older in a rural area of Northern China. J Headache Pain. 2016;17(1).

Herekar AD, Herekar AA, Ahmad A, Uqaili UL, Ahmed B, Effendi J, et al. The burden of headache disorders in Pakistan: methodology of a population-based nationwide study, and questionnaire validation. J Headache Pain. 2013;14(1):73.

Delaruelle Z, Ivanova TA, Khan S, Negro A, Ornello R, Raffaelli B, et al. Male and female sex hormones in primary headaches. J Headache Pain. 2018;19(1):1–12.

Tai MLS, Jivanadham JS, Tan CT, Sharma VK. Primary headache in the elderly in South-East Asia. J Headache Pain. 2012;13(4):291–7.

Huang Q, Yu H, Zhang N, Guo B, Feng C, Wang S, et al. Body Mass Index and Primary Headache: A Hospital-Based Study in China. Biomed Res Int. 2019;2019(1).

Yu S, Steiner TJ. Lifting the burden of headache in China: managing migraine in a SMART way. J Headache Pain. 2017;18(1):2015–8.




DOI: https://doi.org/10.24853/mujg.2.2.62-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Geriatric (e issn: 2721-6837)

Powered by Puskom-UMJ