Efektivitas Senam Pada Lansia untuk Mengurangi Nyeri Sendi: Telaah Literatur

Dida Nurul Huda, Lulyana Aulia, Salsabila Shafiyah, Sri Intan Lestari, Suci Nurul Aini, Susi Kartika Dewi, Vera Novita Sotissa, Anung Ahadi Pradana

Abstract


Proses penuaan merupakan suatu proses yang akan dialami oleh semua manusia. Penuaan dapat terjadi seiring berjalannya waktu, proses tersebut ditandai dengan perubahan degeneratif pada tubuh manusia seperti pada kulit, tulang, jantung, dan organ tubuh lain. Perubahan degeneratif memicu risiko penyakit pada lansia. Sebagian lansia sering mengeluh nyeri sendi akibat berkurangnya jumlah cairan sinovial pada persendian dan tonus otot. Hal ini terjadi karena kurangnya pergerakan pada sendi. Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan ialah melakukan terapi farmakologis dan non farmakologis. Salah satu terapi non-farmakologis yang dapat dilakukan secara mandiri adalah terapi senam pada nyeri sendi. Tujuan dari studi ini yaitu untuk melakukan penelusuran literatur mengenai efektivitas senam pada lansia untuk nyeri sendi. Metode yang digunakan ialah metode telaah artikel. Penelusuran database menggunakan Google Scholar, didapatkan hasil sebanyak 10 artikel menyatakan bahwa senam pada lansia untuk nyeri sendi sangat efektif dalam menurunkan nyeri sendi pada lansia, namun dengan durasi waktu yang berbeda pada setiap artikel. Manfaat yang diberikan ialah membuat peredaran darah lancar dan meningkatkan volume darah dan meningkatkan keseimbangan antara osteoblast dan osteoclast. Tidak hanya menurunkan nyeri sendi, senam pada lansia juga mampu meningkatkan kebugaran dan produktivitas lansia.

Keywords


lansia; nyeri lansia; nyeri sendi; senam lansia

Full Text:

PDF

References


Kholifah SN. Keperawatan Gerontik. Pusdik SDM Kesehatan; 2016 p. 105.

World Health Organization (WHO). Ageing and health [Internet]. 2021. Available from: https://www.who. int/news-room/fact-sheets/detail/ageing-and-health

Kurniasih E. Pengaruh Keaktifan Senam Terhadap Nyeri Sendi Pada Lansia Di Desa Bagi Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun. J Cakra Med [Internet]. 2018 Nov 19;5(1). Available from: http://jurnal. akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/20

Astuti F, Marvia E, Wulandari SN. Pengaruh Senam Lansia Terhadap Perubahan Nyeri Sendi Pada Lansia di Balai Sosial Lanjut Usia (BSLU) Mandalika Mataram. Prima. 2020;6(1):43–8.

Nasution JD. Penaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tingkat Nnyeri Punggung Bawah pada Lansia di Puskesmad Helvetia Medan. Poltekkes Kemenkes RI Medan. 2013;10(3):259–63.

Romadhon B, Sugiarto. Pengaruh Senam Lansia Terhadap Tingkat Kebugaran, Lemak Tubuh Dan Kekambuhan Nyeri Sendi Pada Lansia. J Sport Sci Fit. 2019;5(2):104.

Wahyuni NPDS. Sehat dan Bahagia dengan Senam Bugar Lansia. J Penjakora. 2016;3(1):66–77.

Putra RR, Kumaat NA. Pengaruh Senam Bugar Lansia Terhadap Nyeri Persendian Pada Posyandu Lansia Karang Werdha Kedurus Surabaya. J Kesehat Olahraga. 2016;6(2):238–40.

Ayu D AD, Warsito BE. Pemberian Intervensi Senam Lansia Pada Lansia dengan Nyeri Lutut. Diponegoro J Nurs. 2012;1(1):60–5.

Suharjono, Haryanto J, Indarwati R. Pengaruh Senam Lansia Terhadap Perubahan Nyeri Persendian Pada Lansia di Kelurahan Komplek Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya. Indones J Community Heal Nurs [Internet]. 2019;2(5):106–10.

Malo Y, Ariani NL, Yasin DDF. Pengaruh Senam Ergonomis Terhadap Skala Nyeri Sendi Pada Lansia Wanita. Nurs News J Ilm Keperawatan [Internet]. 2019;4(1): 190–9. Available from: https:// publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1502

Susilowati T. Senam Rematik Meningkatkan Jarak Tempuh Berjalan Lansia dengan Nyeri Sendi di Panti Wreda Dharma Bhakti Pajang Surakarta. J Ners dan Kebidanan (Journal Ners Midwifery). 2016;3(3):328–34.




DOI: https://doi.org/10.24853/mujg.3.1.31-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Geriatric (e issn: 2721-6837)

Powered by Puskom-UMJ