Pengaruh Senam Prolanis terhadap Perubahan Kadar Hemoglobin Sebelum dan Sesudah Senam di Klinik Cempaka Pulogebang Jakarta Timur

Bangun Cholifa Nusantara, Fanny Septiani Farhan

Abstract


Latar belakang: hemoglobin memiliki fungsi yaitu mentranspor oksigen. Latihan aerobik menyebabkan jaringan kekurangan oksigen. Hipoksia jaringan akan merangsang ginjal mengeluarkan hormon eritropoetin. Eritropoetin merangsang pematangan eritrosit dalam sumsum tulang.  Sehingga akan menyebabkan peningkatan hemoglobin. senam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) merupakan latihan jasmani aerobik yang merupakan salah satu program pemerintah. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh senam prolanis terhadap kadar hemoglobin sebelum dan sesudah senam. Metode: metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang pembuktiannya diperoleh melalui perbandingan kondisi subjek sebelum perlakuan dengan sesudah diberi pelakuan dengan jumlah 16 responden. Dalam penelitian ini, jumlah sampel didapatkan dengan cara total sampling. Kadar Hemoglobin diukur dengan Point of Care Test (POCT). Hasil: pada penelitian ini hasil uji statistik telah didapatkan nilai p 0.276 yang berarti p>0.05 di mana didapatkan hasil yang tidak bemakna antara senam prolanis dengan perubahan kadar hemoglobin. Kesimpulan: didapatkan hasil bahwa tidak terdapat pengaruh antara senam prolanis dengan kadar hemoglobin. Karena dapat disebabkan beberapa faktor seperti ketidak efektifan senam, yang disebabkan waktu senam tidak mencapai nilai zona latihan pada penelitian ini.


Keywords


Senam prolanis; Kadar hemoglobin; Zona latihan

Full Text:

PDF

References


Halim EV, Ticoalu SH., Wongkar D. Pengaruh Latihan Zumba Terhadap Kadar Hemoglobin. 2014;

Sheerwood L. Fisiologi Manusia. 9th ed. Jakarta: EGC; 2019.

Zainuddin A, Fahmy S, Sudiastuti. Kadar Nilai Hb (Haemoglobin) Pendonor Sebelum Dan Sesudah Donor Darah du Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia. Pros Semin Sains dan Teknol FMIPA Unmul. 2015;(September):10.

Oktawaty RS. Hubungan Keteraturan Senam Aerobik dengan Kadar Hemoglobin Peserta Senam Aerobik di Sanggar Senam D’ladies Gunung Pangilun. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas; 2018.

Fakultas Pendidikan dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia. Olahraga kesehatan. Fakultas Pendidikan dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia. 2007.

Çiçek G. The Effects of Different Exercise Types on Hematological Parameters in Sedentary Women. J Educ Train Stud. 2018;6(8):96.




DOI: https://doi.org/10.24853/mujg.1.1.29-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Geriatric (e issn: 2721-6837)

Powered by Puskom-UMJ