Efektivitas Senam Prolanis Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Peserta Senam Prolanis Klinik Cempaka Jakarta Timur

Thesya Kharisma Rani, Fanny Septiani Farhan

Abstract


Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat. Pemerintah Indonesia melakukan penanganan hipertensi dengan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan aktifitas fisik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi senam prolanis terhadap perubahan tekanan darah pada kelompok usia 48-73 tahun sebelum dan sesudah senam di klinik cempaka. Metode: Penelitian ini adalah eksperimental dengan membandingkan hasil pengukuran tekanan darah sebelum dan setelah melakukan senam prolanis. Dalam penelitian ini, jumlah sampel didapatkan dengan cara total sampling. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan penurunan tekanan darah secara bermakna (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh senam prolanis terhadap tekanan darah sistolik. Simpulan: Pada komponen tekanan darah diastolik (70-90mmHg) tidak terdapat perubahan tekanan darah secara bermakna.

Keywords


hipertensi; olahraga; prolanis; tekanan darah

Full Text:

PDF

References


World Health Organization. Global Health Estimates 2015. 2015.

Bidang kesehatan dan perencanaan DKI. Profil Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 2016;131.

American Heart Association. 2017 AHA HTN in Adults Guidelines Detailed. 2017;

Yogiantoro M. Pendekatan Klinis Hipertensi in: Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. interna publishing; 2014. 2261 p.

Fakultas Pendidikan dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia. Olahraga kesehatan. Fakultas Pendidikan dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia. 2007.

BPJS. Panduan praktis Prolanis (Program pengelolaan penyakit kronis). BPJS Kesehat. 2014;3–6.

Mulfianda R, Tahlil T, Keperawatan M, Keperawatan F, Kuala US, Aceh B, et al. Pengaruh Senam Prolanis Terhadap Tekanan Darah Dan Gula Darah Sewaktu Pada Lansia. 2018;

Farhan FS, Zahira H. Pengaruh Senam Terhadap Perubahan Kadar Gula Darah Sewaktu Pada Peserta Senam Prolanis. J Manaj Kesehat Yayasan RS Dr Soetomo. 2020;6(2):255–62.

Nusantara BC, Farhan FS. Pengaruh Senam Prolanis terhadap Perubahan Kadar Hemoglobin Sebelum dan Sesudah Senam di Klinik Cempaka Pulogebang Jakarta Timur. Muhammadiyah J Geriatr. 2020;1(1):29.

Rismayanthi C. Penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi melalui senam aerobik low impact. Medikora. 2011;VII(1):13–26.




DOI: https://doi.org/10.24853/mujg.2.1.27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Geriatric (e issn: 2721-6837)

Powered by Puskom-UMJ