Kehamilan Tidak Diinginkan di Usia Remaja

Putri Salmah Fauziah, Hamidah Hamidah, Aning Subiyatin

Abstract


Latar belakang: Kehamilan tidak diinginkan sudah banyak dialami oleh remaja perempuan akibat aktivitas seksual pranikah. Kehamilan tidak diinginkan pada remaja dapat menimbulkan tingginya aborsi yang dapat memicu pada peningkatan angka kematian ibu di Indonesia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang kehamilan tidak diinginkan pada remaja di Yayasan Rumah Tumbuh Harapan Kota Bandung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan lima remaja, kemudian dilakukan wawancara mendalam dengan salah satu pengurus Yayasan Rumah Tumbuh Harapan dan studi dokumentasi sebagai bentuk triangulasi. Hasil FGD dan wawancara dituliskan dalam bentuk transkrip verbatim lalu dilakukan analisis tematik dan koding, lalu hasil studi dokumentasi dalam bentuk data demografi dari masing-masing remaja, profil Yayasan dan foto kegiatan. Selanjutnya dilakukan reduksi dan penyajian data. Hasil: Didapatkan empat tema yang mempengaruhi terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja yaitu pengetahuan, kekerasan dalam pacaran, pergaulan bebas dan peran keluarga, dimana kurangnya pengetahuan, kurangnya peran keluarga serta pergaulan yang bebas membuat remaja berperilaku diluar batas yang mengakibatkan kehamilan tidak diinginkan. Simpulan: Kehamilan tidak diinginkan pada remaja disebabkan kurangnya peran orang tua dalam pola asuh untuk memberikan pendidikan, perhatian dan pengawasan yang baik pada anaknya agar tidak berperilaku diluar kendali orang tuanya.


Keywords


kehamilan tidak diinginkan; kekerasan dalam pacaran; orang tua; pergaulan bebas; remaja

Full Text:

PDF

References


Rosyida DAC. Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Tim Pustaka Baru, editor. PT Pustaka Baru. Yogyakarta: PT Pustaka Baru; 2021. 12–60 p.

Rahayu dkk. Buku ajar kesehatan reproduksi remaja dan lansia. 1st ed. Airlangga University Press. Surabaya: Airlangga University Press; 2017.

Sari DAD. Tinjauan literatur : Determinan terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja di Indonesia. Media Gizi Kesmas. 2021;1–5.

Pertiwi NFA. Peran komunitas dalam pencegahan kehamilan tidak diinginkan pada remaja. Midwifery J J Kebidanan UM Mataram. 2020;5(2):83.

WHO. Adolescent Pregnancy. newsroom. 2020.

BKKBN. Kesehatan reproduksi dan nikah dini. bkkbn.go.id. 2019.

Basuki K. Mengenal lebih dekat kontroversial RUU KUHP, perspektif teori dan praktik hukum di Indonesia. 2019.

Amieratunnisa A, Indarjo S. Implementasi program pelayanan kesehatan reproduksi remaja. Higeia J Public Heal. 2018;2(1):69–79.

Paliyama JK, Susilowati E. Resiliensi perempuan dengan kehamilan tidak diinginkan di Kota Bandung. J Ilm Perlindungan dan Pemberdaya Sos. 2021;3(2).

Aminatussyadiah A, Wardani SFP, Rohmah AN. Media informasi dan tingkat pendidikan berhubungan dengan kehamilan remaja Indonesia. J Kebidanan. 2020;9(2):173.

Auliyah A, Winarti Y. Hubungan sikap dengan perilaku seks pranikah berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Student Res. 2020;2(1):387.

Nur Khotimah R, Masitha Arsyati A, Saputra Nasution A. Gambaran pengetahuan remaja mengenai seksual pranikah di SMA “X” Kota Bogor tahun 2021. Promotor. 2021;5(1):22.

Darmawan FH, Puspitasari A. Pengetahuan dan sikap tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada siswi di SMK Pasundan Putra Cimahi. J Kesehat Kartika. 2019;14(3):133–9.

Simawang AP, Hasan K, Febriyanti A, Amalia R. Hubungan peran keluarga dan teman sebaya dengan perilaku seksual remaja di Indonesia : a systematic. J Kesehat Tambusai. 2022;3:98–106.

Sari WNI, Winarti Y. Hubungan religiusitas dengan perilaku seks pranikah berisiko kehamilan tidak diinginkan pada mahasiswa program studi S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Student Res. 2021;2(2):1060–6.

Purnamawati D, Virnanda A. Kehamilan yang tidak diinginkan pada remaja, kekerasan dalam berpacaran, peran orangtua dan sekolah. Jurnak IAKMI. 2020;25–6.

Prameswari FHK, Nurchayati. Dinamika psikologis remaja perempuan korban kekerasan dalam pacaran yang memilih mempertahankan hubungan pacarannya. J Penelit Psikol. 2021;08(07):204–17.

Lestari P, Pratiwi EA, Wasliah I. Pengetahuan remaja terhadap perilaku seksual pranikah. J Ilmu Keperawatan Anak. 2019;2(2):77.

Girsang L. Studi Kualitatif Kehamilan tidak diinginkan pada remaja di kelurahan Saribudolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. J Komunitas Kesehat Masy. 2020;2(2):34–46.

Yani LI, Realita F, Surani E. Pengaruh sosial ekonomi dan peran keluarga terhadap perilaku seksual remaja di SMA Kesatrian 1 Kota Semarang. Link. 2020;16(1):36–41.




DOI: https://doi.org/10.24853/myjm.3.2.53-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Midwifery (e issn: 2722-8088)

Powered by Puskom-UMJ