Hubungan Antara Lama Penggunaan Kontrasepsi Suntik Depo Medroxy Progesteron Acetate (DMPA) dengan Kadar Kolesterol Total pada Akseptor KB

Tri Prasetyorini, Yasyavia Hatifah Islami, Rizana Fajrunni’mah, Karningsih Karningsih

Abstract


Latar belakang: jumlah penduduk terbanyak di dunia posisi ke-4 adalah Indonesia. Upaya untuk menekan jumlah pertumbuhan penduduk yaitu dengan program Keluarga Berencana (KB). Secara nasional pengguna KB yang paling banyak adalah KB suntik Depo Medroxy Progesteron Acetate (DMPA) yaitu lebih dari 50% dari jumlah peserta KB aktif. DMPA yang mengandung hormon Progesteron dapat mempengaruhi metabolisme lemak, khususnya lipoprotein. Lama pemakaian kontrasepsi suntik lebih dari 1 tahun akan mengakibatkan ketidak seimbangan hormon estrogen dan progesteron yang berakibat penurunan HDL dan peningkatan LDL sehingga akan meningkatkan kadar kolesterol total. Tujuan: diketahuinya hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan kadar kolesterol total pada akseptor KB DMPA. Metode: jenis penelitian yang digunakan observasional analitik cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%.  Hasil: menunjukan bahwa nilai p sebesar 0,011 (p<0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi suntik Depo Medroxy Progesteron Acetate (DMPA) dengan kadar kolesterol total pada akseptor KB. Sehingga semakin lama penggunaan kontrasepsi DMPA maka semakin meningkatkan kadar kolesterol. Kesimpulan: terdapat hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan kadar kolesterol total.

Keywords


Akseptor KB Suntik; Kolesterol Total; Kontrasepsi Suntik DMPA

Full Text:

PDF

References


Jurisman A, Kurniati R. Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pemilihan Kontrasepsi di Puskesmas Padang Pasir Padang. J FK Unand. 2016;5(1):191–5.

Pinasti A. Pengaruh Penggunaan Kontrasepsi Suntik Terhadap Peningkatan Berat Badan Dan Kenaikan Tekanan Darah Pada Akseptor Keluarga Berencana Di Puskesmas Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Septalia R, Puspitasari N. Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Kontrasepsi. J Biometrika dan Kependud. 2016;5(2):91–8.

BKKBN. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018. Jawa Barat; 2018.

Natalia C, Undre R, Bataha YB. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Ibu Pengguna Kontrasepsi Suntik Depo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA) di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Weru Kec. Wanea Manado. J Keperawatan. 2014;2(2).

Laila D. Pemeriksaan Kadar Kolesterol Total pada pengguna Kb Suntik 3 bulan di Desa Ngumpul Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Insan Cendekia Medika; 2019.

Sitinjak HL. Perbedaan Kadar Trigliserida dan Indeks Massa Tubuh Antara Akseptor Pil Kombinasi dengan DMPA. J Endur. 2019;4(2):335–42.

Oktova R, Amir A. Perbedaan Profil Lipid pada Progesteron Asetat dengan Akseptor Implant Depo Medroksi di Levonorgestrel Wilayah Kerja Puskesmas Air Tawar Padang Tahun 2014. J FK Unand. 2015;4(1):45–52.

S HL, Rita RS, Yusrawati. Perbandingan Kadar Kolesterol Total Dan Hdl Antara Akseptor Kb Pil Kombinasi Dengan Dmpa. Indones J Kebidanan. 2019;3(1):1–10.

Dasuki D, Sanger O, Sudradjat FJ, Pamuji ES. Pengaruh Kontrasepsi Hormonal Planibu ® Versus Depo Progestin ® Terhadap Fungsi Hepar Dan Profil Lipid Effect of Hormonal Contraception Planibu ® Versus Depo Proges-. Ber Kedokt Masy. 2008;24(3):156–61.

Prawerti N, Runiari N, Ruspawan I. Lama Pemakaian Kontrasepsi Suntik Depo Medroksiprogesteron Asetat dengan Kadar Kolesterol pada Akseptor KB. 2019. Politeknik Kesehatan Denpasar;

Elvia Roza ZA. Hubungan penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan peningkatan berat badan pada akseptor di Puskesmas Tapus Sumatera Barat tahun 2017. Tarumanagara Med J. 2019;2(1):37–42.

Evitasari M, Kholisotin, Agustin DY. Pengaruh Efek Samping Penggunaan Kontrasepsi Terhadap Kejadian Unmet Need Di Wilayah Kerja Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso. Al-Aslamiyah Nurs J Nurs Sci. 2019;8:53–65.

Moloku M, Hutagaol E, Gresty H. Hubungan Lama Pemakaian Lama Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Dengan Perubahan Berat Badan di Puskesmas Ranomuut Manado. J Keperawatan. 2016;4(1):1–8.




DOI: https://doi.org/10.24853/myjm.1.2.37-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Midwifery (e issn: 2722-8088)

Powered by Puskom-UMJ