Challenges of Islamic Education Institutions in the era of Globalization: A Review of Azyumardi Azra’s Ideas

Latipah Lamsir

Abstract


التَرْبِيَةُ الْإِسْلَامِيَّةُ الْإِنْدُوْنِيْسِيَّة هِيَ تُرَاثٌ غَنِيٌّ مِنَ الْإِسْلَامِ الْإِنْدُوْنِيْسِيْ، مِنْ حَيْثُ تَنَوُّعِ التَّرْبِيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ، إِنَّ إِنْدُوْنِيْسِيَا غَنِيٌّ جِدًّا، مِنْ حَيْثُ الْمَدَارِسِ الدَّاخِلِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ، وَالْمَعْهَدِ الْإِسْلَامِي، وَسُوْرَاوْ، وَدَايَةِ: الْكُلِّيَّةِ وَالْمَدَارِسِ الْإِسْلَامِيَّةِ. الْيَوْمُ، الْمُشْكِلَةُ الَّتِي تُوَاجِهُ التَّرْبِيَّةُ الْإِسْلَامِيَّةُ هِيَ ظُهُوْرُ حَرَكَةِ الْأُصُوْلِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ بِسَبَبِ الْعَوْلَمَةِ، وَالْمَوَارِدُ الْبَشَرِيَّةُ، وَالدِّرَاسَاتُ الْإِسْلَامِيَّةً النَّصِّيِّةُ، وَالْمِيْزَانِيَّةُ الْحُكُوْمِيَّةُ الْمَالِيَّةُ لِلتَّرْبيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الَّتِي لَمْ تَكُنْ الْأَمْثَلَ. هَذَا الْبَحْثُ بَحْثٌ نَوْعِيٌ، أَوْ(دِرَاسَةٌ أَدَبِيَّةٌ أَوْ مَكْتَبِيَّةٌ). يَنْتَجُّ الْمَنْهَجُ النَّوْعِيُّ الْمُسْتَخْدَمُ بَيَانَاتٍ وَصْفِيَّةٍ يَتِمُّ تَحْلِيْلُهَا بَعْدَ ذَلِكَ بِأَفْكَارِ أزيوماردي أزرا فِي مَجَالِ التَّرْبِيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْإِنْدُوْنِيْسِيَّةِ. فِي تَحْرِيْرِ أَغْلَالِ التَرْبِيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْإِنْدُوْنِيْسِيَّةِ، يُوَفِّرُ هَذَا الْبَحْثُ بَدِيْلاً مِنْ خِلَالِ أَفْكَارِ أزيوماردي أزرا فِيْمَا يَتَعَلَّقُ بِالتَرْبِيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْإِنْدُوْنِيْسِيَّةِ الَّتِي تَتَّسِمُ بِالتَّقَدُّمِ لِلْغَايَةِ بِ(1) التَّعَلُّمِ التَّحْوِيْلِي، (2) نَمُوْذَجِ التَّعَلُّمِ فِي الْعَصْرِ الْعَوْلَمَةِ، (3) التَرْبِيَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ وَ تَنْمِيَةِ الْمَوَارِدِ الْبَشَرِيَّةِ فِي هَذَا الْعَصْرِ اْلعَوْلَمَةِ،  وَ (4) تَحْدِيْثِ التَّرْبِيَّةِ فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا. نَتَائِجُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ هِيَ وُجُوْدُ الْوَسَطِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ فِي مَجَالِ التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ وَالَّتِي تَتَجَلَّى مِنْ خِلَالِ تَطْبِيْقِ مَبَادِئِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَالتَوْصِيَاتُ لِمَنْهَجِ الدِرَاسَاتِ الْمُتَعَدِّدَةِ التَّخَصُّصَاتِ، وَالْمُتَعَدِّدَةِ، وَالسِيَاقِيَّةِ لِلدِرَاسَاتِ الْإِسْلَامِيَّةِ وَالْعُلُوْمِ الْإِنْسَانِيَّةِ.


Keywords


الْكَلِمَاتُ الْمِفْتَاحِيَّةُ: الْعَوْلَمَةُ، الْمَوَارِدُ الْبَشَرِيَّةُ، التَّعْلِيْمُ، تَحْدِيْثُ التَّرْبِيَّةِ

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, “ Pendidikan Islam di Era Milenial” (Jakarta: Kencana, 2020) hal 125

Abuddin Nata, “Filsafat Pendidikan Islam” (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005)

Abuddin Nata, “Pendidikan Islam di Era Milenial” (Jakarta: Kencana, 2020) hal 125

Abuddin Nata, “Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia” (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Ahmad Intan, “Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0” (Medan: Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, 2018)

Amirudin, “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Prof Dr. Azyumardi Azra” (Jurnal Raden Intan, 2016

Andina Dwifatma, “Cerita Azra Biografi Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra” (Jakarta: Erlangga, 2011)

Azyumardi Azra, “Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam” (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998)

Azyumardi Azra, “Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak Akar-akar Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia” (Bandung: Mizan, 1998)

Azyumardi Azra, “Membebaskan Pendidikan Islam” (Jakarta, Kencana : 2020) hal 3,4,5, 86,88.

Azyumardi Azra, “Model Perubahan IAIN Alauddin menjadi UIN: Sebuah Tawaran berdasarkan pengalaman UIN Jakarta” dalam Hadi D Mapuna, dkk (Ed), Dulu IAIN Kini UIN Alauddin (Makassar: Alauddin Press, 2005)

Azyumardi Azra, “Pendidikan dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. Ke-1, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1420 H/1999 M) dalam Abuddin Nata, “Pendidikan Islam di Era Milenial” (Jakarta: Kencana, 2020)

Azyumardi Azra, “Pendidikan dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. Ke-1, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1420 H/1999 M)

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III” (Kencana : Jakarta, 2012) hal 53

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam Global (1), dalam Republika Kamis 25 Oktober 2018

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam Global (1), dalam Republika Kamis 25 Oktober 2018, hal 9

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam Global (1), dalam Republika Kamis 25 Oktober 2018, hal 9

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III” (Kencana : Jakarta, 2012) hal 53, dan 56

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III” (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru” (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Departemen Agama RI, “Al-Qur’an dan Terjemahnya Al- Jumanatul ‘Ali” (Bandung: J-Art, 2005)

Departemen Pendidikan Nasional, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” (Jakarta: Balai Pustaka, 2003)

Erwin Mahrus, Syamsul Kurniawan, “Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam 2 ed” (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Fahri Zulfikar, “7 Robot Canggih yang diramal bakal kuasai dunia kerja di masa depan” https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5788181/7-robot-canggih-yang-diramal-bakal-kuasai-dunia-kerja-di-masa-depan

H.A.R Tilaar, Ace Suryadi, “Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar” (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1994)

Imam Suprayogo, “Reformasi Visi Pendidikan Islam” (Malang: STAIN Press 1999) hal 83

John Cooper, dkk. “Islam and Modernity: Muslim Intellectuals Respond” (London: I B. Tauris)

Kementerian Agama RI, “Moderasi Beragama” (Balitbang Kemenag RI: 2019)

Ki Hajar Dewantara, “Masalah Kebudayaan : Kenang-kenangan Promosi Doktor Honoris Causa” (Yogyakarta, 1967)

Ma’ruf, “Pemikiran Pendidikan Islam menurut Prof Dr Azyumardi Azra, MA”(Jurnal Mubtadiin, Vol 7 No.02 Juli Desember 2021)

Mahmud Arif, “Pendidikan Islam Transformatif” (Yogyakarta : LKiS Pelangi Aksara, 2008

Muh Hambali dan Mualimin tentang “Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer” (Yogyakarta: IRCiSoD, 2020)

Muh Idris, “Orientasi Pendidikan Islam”, (Sleman: CV Budi Utama, 2020)

Muhammad Irsan Barus, “Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra”, (Jurnal Al Karim, Volume II No.1 Maret 2017)

Muljono Damopolii, “Pesantren Modern IMMIM: Pencetak Muslim Modern” (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Nanang Martono, “Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder” (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag, “Moderasi Islam Indonesia” (Yogyakarta: IRCiSoD, 2021)

Suwito dan Suprapto, “IAIN menjadi Universitas?” Mimbar Agama dan Budaya” (Vol.18 No 2, 2001) hal 160-161

Wardiman Joyonegoro, “Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui SMK” (Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset, 1998)

Zainal Arifin, “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori dan Praktik”, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018)




DOI: https://doi.org/10.24853/pi.1.0.2023.37-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

 

Published by:

Postgraduate School
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan, Banten
Indonesia
Powered by Puskom-UMJ