PENDEKATAN PSIKOANALISIS PADA KEPRIBADIAN KARAKTER LILIAN DALAM CERPEN PINK CUPCAKE KARYA RAMYA HAYASRESTHA SUKARDI

Assyifa Salsabila Amalia, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penulis dalam suatu karya sastra bukan hanya orang dewasa melainkan penulisnya juga anak-anak. KKPK atau yang sering disebut kecil-kecil punya karya merupakan salah satu karya untuk anak yang penulisnya adalah anak. Pada penelitian kali ini cerpen yang digunakan adalah novel Karya Ramya Hayasrestha Sukardi dengan judul Pink Cupcake. Alasan cerpen ini dipilih sebab pada karakter Lilian yang merupakan anak yang sangat kurang mandiri dan sulit untuk berbaur terhadap lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan keadaan kognitif psikologis pada karakter Lilian yang terdapat dalam cerpen anak karya Ramya Hayasrestha Sukardi dengan judul Pink Cupcake yang terletak pada segi karakter yaitu id, ego, dan superego. Ini adalah kajian yang menggunakan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini merupakan data berbentuk tulisan meliputi narasi, monolog, dan dialog yang melukiskan kepribadian, kelakuan, sikap, beserta tutur kata yang berbentuk pemaparan bahasa yang mendefinisikan karakter Lilian yang terdapat dalam cerpen anak Karya Ramya Hayasrestha Sukardi. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan teknik baca, mengenali, meringkas, serta membedakan data meliputi kognitif karakter, yang terdiri dari id, ego, dan superego pada karakter Lilian. Penelitian ini menggunakan pengenalisisan data dengan mengelompokkan data, mendefinisikan klasifikasi data, mengkaji data, dan menafsirkan data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa psikologis yang terdiri dari id, ego, dan superego karakter Lilian bertumbuh sangat baik dan pantas atas pengembangan karakter Lilian. Pengembangan itu memuat karakter Lilian sanggup untuk adaptasi dan juga mudah berbaur dalam kondisi lingkungannya dan dapat menciptakan hal-hal positif.


Full Text:

PDF

References


Abraham, Ihsan. (2017). Struktur kepribadian tokoh dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. , 3(1), 55- 63.

Alwisol. (2011). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Anggraini, Purwati. (2016). Citra tokoh perempuan dalam cerita anak Indonesia (Sebuah pendekatan kritik feminisme). ,2(1), 67-76.

Dani, Agustine Tryas dan Adji, Peni. (2021). Struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Anak Bungsu karya Soesilo Toer. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 15(1), 57—66. https://doi.org/10.24071/sin.v15i1.3212

Darmiah. (2019). Perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi emosi anak usia MI. Jurnal Pioner: Jurnal Pendidikan, 8(2), 1-10. 246-257.

Ilham. (2020). Perkembangan emosi dan sosial pada anak usia sekolah dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ