EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA APLIKASI PEAR DECK

Candra Kartika Putri, Hindun Hindun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Pear Deck dan melihat hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi Pear Deck sebagai alat evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Siswa kelas VIII 1 yang berjumlah 27 siswa adalah subjek dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Pear Deck sebagai alat evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks berita dengan memanfaatkan video youtube tvOneNews yang berjudul “Akibat Mesin Meledak, Pabrik Botol di Cakung Terbakar”, secara umum memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,06 dengan kategori baik (B). Adapun aspek penilaian bagian ketiga yaitu kelengkapan struktur teks berita (kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita) mencapai daya serap tertinggi sehingga skor maksimal (5) diraih oleh hampir seluruh siswa. Pada penilaian tes pilihan ganda, secara umum memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,77 dengan kategori baik (B). Jadi, aplikasi Pear Deck dapat dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui fitur-fitur yang disediakan.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifa'i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Agustina, Eka Nurmala Sari. 2021. "Pelatihan Pear Deck sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SMP PGRI 8 Sidoarjo". Jurnal PADI. Vol. 4 (2).

Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.

Rahman, Arief Aulia dan Cut Eva Nasryah. Evaluasi Pembelajaran. 2019. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ridwanudin, Dindin. 2015. Bahasa Indonesia. Ciputat: UIN Press.

Said, Hamdanah dan Iqbal Hasanuddin. 2019. Media Pembelajaran Berbasis ICT. Sulawesi Selatan: IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS.

Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Suherdiana, Dadan. 2020. Jurnalistik Kontemporer. Bandung: CV. Mimbar Pustaka.

Supriyadi. 2013. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ