MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERBEDAAN TEKS EKSPLANASI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS XI DENGAN METODE PENGALAMAN PENGINDERAAN

Ahmad Hilmy Almassawa, Ismi Hayati Ma'sum, Nia Sundari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tanpa terkecuali. Termasuk bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik ataupun mental. Salah satunya adalah tunanetra, mereka masih bisa mendapatkan hak pendidikan dengan bersekolah di SLBA. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini membahas bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis bagi para siswa tunanetra, terkhusus bagi kelas XI dalam pembelajaran teks eksplanasi yang mengharuskan mereka dapat menuliskan perbedaan teks eksplanasi baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan menulis merupakan bagian dari pembelajaran bahasa. Bahkan sepertinya bukan hanya pelajaran bahasa saja, hampir semua pelajaran di sekolah menuntut peserta didik untuk membuat tulisan atau untuk terbiasa menulis sebuah karangan ataupun teks. Permasalahannya adalah para siswa tunanetra yang memang ada keterbatasan dalam melihat, tetapi harus terlatih dalam menulis, maka dari itu penelitian ini ada untuk mengetahui cara atau metode seperti apa yang tepat untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis desktiptif kualitatif. Data-data yang telah didapat untuk kemudian diringkas dan difilter yang dapat mewakilkan pembahasan dalam permasalahan yang terjadi di lapangan selama observasi. Dalam berbahasan memiliki empat keterampilan yang perlu dikuasai, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam penelitian ini diketahui menggunakan metode pembelajaran pengalaman pengindraan untuk menjawab persoalan yang terdapat dalam penelitian.

Full Text:

PDF

References


Albaba, Ulul. 2014. Peningkatan

Kemampuan Menulis Narasi Dalam

Pembelajaran Bahasa Idnonesia

Melalui Pendekatan Proses Pada

Siswa Tunanetra Kelas 5A Sekolah

Dasar di SLBA Yaketunis

Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Camalia, F. 2016. Pengembangan Audio

Book Dilengkapi Alat Peraga Materi

Getaran dan Gelombang Untuk Anak

Tunanetra. 5 (2), 67. Jurnal:

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.ph

p/upej

Hadi, Wisman. 2018. Meningkatkan

Keterampilan Menulis Teks

Eksplanasi dengan Menggunakan

Media Audio Visual pada Siswa Kelas

XI SMA Negeri 3 Medan pada Tahun

Ajaran 2018/2019, Prosiding Seminar

Pendidikan Bahasa dan Sasatra

Indonesia. Universitas Negeri Medan.

Medan. (169).

Irdamurni. 2017. Model Pembelajaran

Bahasa Inggris Anak Tunanetra

Berbasis Permainan Scrabble Braille.

Padang: Jurnal Pendidikan Kebutuhan

Khusus. 1(1), 3. Jurnal:

http://jpkk.ppj.unp.ac.id

Novita, A. 2016. Peningkatan Kemampuan

Menulis Teks Eksplanasidengan

Menggunakan Media Audio Visual

pada Siswa Sekolah Menengah

Pertama. 4 (2), 162-164.

Sukadari. 2019. Model Pendidikan Inklusi

Dalam Pembelajaran Anak

Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:

Kanwa Publisher.

Stefany, L. 2017. Implementasi Pengalaman

Panca Indra pada Inerior Restoran

Bentoya di Surabaya. Surabaya:

Universitas Kristen Petra. 5 (2).

Yulistiani, D. 2020. Keterampilan Menulis

Teks Eksplanasi dengan

Menggunakan Media Gambar

Berseri. 7 (3), 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ