MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERBEDAAN TEKS EKSPLANASI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS XI DENGAN METODE PENGALAMAN PENGINDERAAN
Abstract
Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tanpa terkecuali. Termasuk bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik ataupun mental. Salah satunya adalah tunanetra, mereka masih bisa mendapatkan hak pendidikan dengan bersekolah di SLBA. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini membahas bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis bagi para siswa tunanetra, terkhusus bagi kelas XI dalam pembelajaran teks eksplanasi yang mengharuskan mereka dapat menuliskan perbedaan teks eksplanasi baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan menulis merupakan bagian dari pembelajaran bahasa. Bahkan sepertinya bukan hanya pelajaran bahasa saja, hampir semua pelajaran di sekolah menuntut peserta didik untuk membuat tulisan atau untuk terbiasa menulis sebuah karangan ataupun teks. Permasalahannya adalah para siswa tunanetra yang memang ada keterbatasan dalam melihat, tetapi harus terlatih dalam menulis, maka dari itu penelitian ini ada untuk mengetahui cara atau metode seperti apa yang tepat untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis desktiptif kualitatif. Data-data yang telah didapat untuk kemudian diringkas dan difilter yang dapat mewakilkan pembahasan dalam permasalahan yang terjadi di lapangan selama observasi. Dalam berbahasan memiliki empat keterampilan yang perlu dikuasai, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam penelitian ini diketahui menggunakan metode pembelajaran pengalaman pengindraan untuk menjawab persoalan yang terdapat dalam penelitian.References
Albaba, Ulul. 2014. Peningkatan
Kemampuan Menulis Narasi Dalam
Pembelajaran Bahasa Idnonesia
Melalui Pendekatan Proses Pada
Siswa Tunanetra Kelas 5A Sekolah
Dasar di SLBA Yaketunis
Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Camalia, F. 2016. Pengembangan Audio
Book Dilengkapi Alat Peraga Materi
Getaran dan Gelombang Untuk Anak
Tunanetra. 5 (2), 67. Jurnal:
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.ph
p/upej
Hadi, Wisman. 2018. Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks
Eksplanasi dengan Menggunakan
Media Audio Visual pada Siswa Kelas
XI SMA Negeri 3 Medan pada Tahun
Ajaran 2018/2019, Prosiding Seminar
Pendidikan Bahasa dan Sasatra
Indonesia. Universitas Negeri Medan.
Medan. (169).
Irdamurni. 2017. Model Pembelajaran
Bahasa Inggris Anak Tunanetra
Berbasis Permainan Scrabble Braille.
Padang: Jurnal Pendidikan Kebutuhan
Khusus. 1(1), 3. Jurnal:
http://jpkk.ppj.unp.ac.id
Novita, A. 2016. Peningkatan Kemampuan
Menulis Teks Eksplanasidengan
Menggunakan Media Audio Visual
pada Siswa Sekolah Menengah
Pertama. 4 (2), 162-164.
Sukadari. 2019. Model Pendidikan Inklusi
Dalam Pembelajaran Anak
Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:
Kanwa Publisher.
Stefany, L. 2017. Implementasi Pengalaman
Panca Indra pada Inerior Restoran
Bentoya di Surabaya. Surabaya:
Universitas Kristen Petra. 5 (2).
Yulistiani, D. 2020. Keterampilan Menulis
Teks Eksplanasi dengan
Menggunakan Media Gambar
Berseri. 7 (3), 2.