NILAI MORAL DALAM BUKU ANAK “BERKUMPUL DI JANNAH” KARYA CANUN KAMIL & FUFU ELMART

Dinda Septiandari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Nilai moral dalam sebuah karya sastra dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak, karena isi dari karya sastra mengandung makna yang luas sehingga dapat menumbuhkan karakter pada anak. Tidak hanya itu nilai moral dapat menumbuhkan sifat-sifat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Dalam hal ini pengaruh nilai moral yang terkandung dalam buku anak yang berjudul “berkumpul di jannah” sangat penting, karena diharapkan setelah membaca buku ini dapat menumbuhkan karakter baik dalam kesehariannya. Fungsi nilai moral adalah untuk dapat membentuk perilaku pada anak agar anak memiliki akhlak baik  beretika, memiliki rasa tanggung jawab, dan selalu melaksanakan kewajibannya dengan baik sebagai manusia. Nilai yang dapat kita ambil dalam buku cerita ini ialah nilai moral, nilai religius, nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk akhlak dan karakter baik pada anak, buku ini sangat mengedukasi anak, karena buku ini berisikan tentang nilai religius yang mana didalam nya menyeru anak untuk selalu mengingat Allah. Penelitian ini memfokuskan pada metode deskriptif  kualitatif yaitu sebuah metode pengumpulan data yang akan dikaji  dengan cara membaca, menganalisis, mendeskripsikan, dan mengklasifikasikan unsur-unsur nilai moral yang terkandung dalam buku anak. Adapun hasil dari penelitian ini adalah nilai moral yang ada di setiap isi dari buku ini yang dapat menumbuhkan karakter pada anak, nilai religius karena tokoh pertama yang mencontohkan kewajiban sebagai umat manusia untuk selalu taat kepada Allah, nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai moral dalam karya sastra yang berjudul”berkumpul di jannah” sangat penting karena isi yang terkandung di dalamnya dapat mempengaruhi serta menumbuhkan karakter dan kepribadian pada anak


Full Text:

PDF

References


Bulan, Deanty Rumandang, dkk. 2018. Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Novel Hijab Traveler love sparks in korea karya Asma Nadia. Jurnal Metamorfosis Vol. 11 No. 2, Hal. 28-33. Oktober 2018.

Hasanah, Uswatun. 2017. Nilai Moral Dalam Saat Saq Al-Bambu karya Sa’ud Al-san'nusi. Vol. I, No. 1. Hal. 112-138. Juni 2017.

Gentha, Halvi. 2016. Nilai Moral Dalam Novel Anak. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya:

Kamil, C, Elmart, F. 2022. Berkumpul Di Jannah. Jakarta: Sakeena.

Khaironi, Mulianah. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. Vol. 01 No. 2, Hal.82-89. Desember 2017.

Rizqillah Muhammad. 2019. Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019.

Soviana Devi, Wika. 2019.Teori Sastra. Jakarta: Al chalief


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ