BENTUK DAN FUNGSI PREPOSISI DALAM BUKU BIOGRAFI WAHIDIN SOEDIROHOESODO: SANG DOKTER BANGSA

Echa Anisatul Fadliah, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Preposisi atau kata depan merupakan kata yang berfungsi untuk merangkai setiap kata dalam kalimat yang diikutioleh pronomina dan nomina. Preposisi ditemukan dalam buku biografi Wahidin Soedirohoesodo: Sang Dokter Bangsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutannya adalah teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode distribusional, teknik dasar yang digunakan adalah teknik dasar teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan teknik lesap. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Bentuk preposisi yang ditemukan dalam buku biografi Wahidin Soedirohoesodo: Sang Dokter Bangsa terdiri dari atas preposisi tunggal dan preposisi majemuk. Contoh preposisi tunggal yaitu (di, ke, pada, secara, dan dari). Contoh preposisi majemuk yaitu (daripada, di antara, dan kepada). (2) fungsi preposisi yang ditemukan dalam buku biografi Wahidin Soedirohoesodo: Sang Dokter Bangsa terdiri atas preposisi yang berfungsi menandai pertalian semantik ‘keberadaan’ yaitu (di dan pada), ‘arah’ yaitu (ke), ‘asal’ yaitu (dengan), ‘peruntukan’ yaitu (bagi dan untuk),  ‘peserta’ yaitu (dengan), ‘‘cara’ yaitu (dengan dan secara), ‘agentif’ yaitu (oleh),  ‘asal’ yaitu (dari), ‘perbandingan’ yaitu (lebih… daripada), ‘sebab’ atau ‘alasan’ yaitu (karena dan sebab), ‘perihal atau berkenaan dengan…’ yaitu (tentang). Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 2 bentuk preposisi dan 11 fungsi preposisi.


Full Text:

PDF

References


Anisah, Z. (2019). Penggunaan Preposisi dalam Pragraf Narasi Siswa Kelas X-1 SMA PGRI 2 Bandung. Jurnal Studi Keislaman, vol.9 No.

E. Kosasih, dan E. K. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Prmbelajarannya di SMA-MA/SMK. Yrama Widya.

Ramlan, M. (2008). Kalimat, Konjungsi, dan Preposisi Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karangan Ilmiah (2008th ed.).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Allfabeta.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa; Pendekatan Struktural (2014th ed.). Sukabina Press Padang.

Harari, Yayayan Rika. 2018. Wahidin Soedirohoesodo: Sang Dokter Bangsa. Jakarta Timur. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ