NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ANAK YANG BERJUDUL “POP STARS” KARYA NILA CHAIRULNISA

Erlinda Nur Rahma Gita

Abstract


Sastra anak adalah sastra yang disampaikan kepada anak-anak, yaitu dalam saraf sensori, sesuai usia dan psikologi perkembangan dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Sastra anak bukan hanya untuk hiburan semata, tetapi terdapat pesan-pesan moral yang ingin disampaikan kepada anak-anak dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang ilmu pengetahuan, memperkaya bahasa anak dan memperbaiki perilaku anak. Sastra anak yang digunakan dalam analisis ini adalah novel anak yang berjudul “Pop Stars” karya Nila Chairulnisa. Novel anak adalah karya imajinatif yang menceritakan tentang problematika kehidupan atau beberapa orang tokoh. Nilai pendidikan adalah nasihat dan teladan yang ditunjukkan untuk pembaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Karena penelitian ini dilakukan dengan cara membaca dan menganalisis serta menghasilkan data penelitian dalam bentuk tulisan atau narasi dan tanpa adanya angka. Novel anak “Pop Stars” ini mengangkat kisah tentang murid dengan teman-temannya yang memiliki karakter berbeda-beda dan menceritakan perjuangan dua orang murid untuk mengejar impiannya menjadi SUPERSTAR dengan melewati audisi menyanyi yang diadakan di sekolah. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel anak yang berjudul “Pop Stars” sehingga anak bisa membedakan hal yang baik dan buruk melalui novel anak ini. Bahwasannya, nilai pendidikan dapat mengembangkan karakter atau moral anak melalui novel anak ini. Selain itu, novel anak dapat dibuat oleh anak-anak untuk memberikan pengaruh baik kepada anak-anak dimulai dari segi kepribadian, emosional, dan lainnya.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. 2017. Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.

Akhmad, K. A. 2015. Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Khaerunnisa, dkk. 2021. Modul Apresiasi Sastra Berbasis Project Method. Jakarta: UM Jakarta Press.

Nuraida, A., & Khaerunnisa. 2021. NILAI SOSIAL DAN NILAI AGAMA PADA CERITA FABEL “BERLIBUR KE PULAU MATAHARI” KARYA RATNA CANDRA SARI. PROSIDING SAMASTA.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Octaviana, D. W. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 182-191.

Ramadinah, Desy, dkk. 2022. Nilai-nilai Budaya dan Upaya Pembinaan Aktivitas Keagamaan di MTSN 1 Bantul. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 4 No. 1 Januari 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ