NILAI MORAL PADA CERPEN “PESAN IBU KEPADA DINA” KARYA AHMAD TONI HARLINDO

Alfiani Salsabila

Abstract


Nilai moral artinya ajaran perihal perilaku seseorang yang mendasarkan pada kesadaran pandangan hidup yang berlaku dalam lingkungannya. Artikel pada cerpen “Pesan Ibu Kepada Dina” karya Ahmad Toni Harlindo artinya salah satu cerpen yang bisa dijadikan motivasi bagi para pembaca, sebab isi dari cerpen ini sangat menarik dan  Bila anak-anak membacanya pun akan lebih mudah memahami bacaan cerpen ini. pada cerpen ini terdapat nilai moral yang terkandung khususnya yang terjadi pada dunia pendidikan. Rumusan persoalan yang dikaji pada penelitian ini ialah nilai moral. Tujuan penelitiannya ialah untuk menganalisis nilai moral yang ada dalam kumpulan cerpen “Pesan ibu kepada Dina” karya Ahmad Toni Harlindo. Analisis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. sebab data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara membaca, menganalisis dan menandai teks yang termasuk kedalam nilai moral. Sumber data pada penelitian ini diperoleh juga berasal beberapa sumber seperti artikel ilmiah, buku, bahan bacaan literasi dan bahan bacaan lainnya yang rinci. Penelitian analisis cerpen ini dilakukan agar Pembaca dapat dengan cepat mengenali dan menerapkan pelajaran moral yang terkandung dalam cerita pendek dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan para pembaca mampu mencermati prinsip-prinsip moral yang dikemukakan pengarang dalam cerpen-cerpen hasil penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Rosid, A. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai Didaktis Cerita Pendek Dalam Antologi “Kupu-Kupu Bersayap Gelap” Karya Puthut Ea Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural Sebagai Alternatif Bahan Ajar Cerita Pendek Di Sma Kelas Xi. Universitas Siliwangi.

Lestari Dewi, R. Julianto, F. Pahruroji. (2019). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen “Misteri Uang Melayang” Karya Sona. Ikip Siliwangi. Vol. 2 No. 5 September 2019

HASMI, N. (2022). Cerpen “Korupsi” Karya Mihar Harahap Terhadap Pendekatan Mimetik Siswa Sma/Smk. Universitas Islam Sumatera Utara.

Nuraida, A. Khaerunnisa. (2021). Nilai Sosial Dan Nilai Agama Pada Cerita Fabel “Berlibur Ke Pulau Matahari” Karya Ratna Canra Sari. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Soleh, R. D. Nurhayati, E. (2022). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa Smpn 3 Madiun. Universitas PGRI Madiun.

Nuryatin & Retno. (2016). Pelajaran Menulis Cerpen. Cipta Prima Nusantara. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ