KRITIK MORAL DALAM CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA AA NAVIS

Indah Nur Amalia, Wika Soviana Devi

Abstract


Hubungan karya sastra tak lepas dari adanya sebuah kritik sastra. Kritik sastra berpengaruh penting adanya bagi sebuah karya sastra. Dengan adanya penelitian yang dibuat oleh penulis ini, bertujuan untuk mengungkap dan menjabarkan sebuah nilai sosial atau kritik sosial yang ada dalam cerita pendek dengan judul Robohnya Surau Kami sebuah karya sastra  karya AA Navis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana dalam metode ini akan menghasilkan sebuah hasil dan pembahasan yang  berupa data deskriptif, sebuah kata, frasa, klausa, dan paragraf. Penelitian ini juga menggunakan metodologi penelitian pendekatan sosiologi sastra. Dalam metodologi ini adalah sebuah pendekatan yang dimana membahas atau menelaah sebuah persoalan karya sastra dari sudut pandang segi sosialnya. Teknik yang digunakan sebagai penghasil penelitian ini adalah yang pertama dilakukannya pengumpulan data dilakukan dengan sebuah teknik simak dan catat, serta studi pustaka. Tahapan yang pertama yaitu melalui tahap deskripsi data, selanjutnya masuk kepada tahapan kedua yaitu tahap klasifikasi data, selanjutnya ada tahap analisis data, interpretasi data dan yang terakhir ada tahapan evaluasi data. Hasil dan kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kritik moral dalam bidang agama; (2) Kritik moral dalam bidang masyarakat; (3) Kritik moral dalam bidang ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Febrina, Liga. 2019. Gaya Kepenyairan Taufik Ismail dalam Sajak Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia Volume 8(3). Dalam Tautan: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/download/35308/14872..

Hasanah, Dian Uswatun. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon”: Jurnal Kembara: Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam Tautan: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/8187.

Hermoyo, R Panji.. 2015. ANALISIS KRITIK SASTRA PUISI “SURAT KEPADA BUNDA: TENTANG CALON MENANTUNYA” KARYA WS. RENDRA. Jurnal Didaktis Volume 15(1). Dalam Tautan: https://core.ac.uk/download/pdf/229571849.pdf.

Semi, M. Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Sukirman. 2021. Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, Volume 10(1). Dalam Tautan: https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4.

Mara, Rahmat Selisih. (2019). Analisis Gaya Bahasa Sindiran dalam Syair Didong Jalu Arita Mude dan Biak Cacak. Jurnal Bahasa dan Sastra: FKIP Unsyiah. Dalam Tautan: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article/view/12946.

Nurbaiti, Faradila. (2018). Gaya Bahasa Joko Pinurbo Dalam Sajak “Musim Panas” dan “Surat Kau”. Jurnal Alayasastra. Volume 2:73-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ