NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN KKPK TRIPLE V KARYA LUTHFIANNISA RUSDARTO PUTRI
Abstract
Sastra anak adalah suatu karya berupa tulisan dituju kepada anak. Sastra anak mempunyai beragam jenis, salah satunya adalah cerpen. Cerpen ialah suatu karya yang juga disebut fiksi. Cerpen merupakan cerita pendek tidak memiliki aturan panjang pendek ceritanya. Cerpen disukai banyak kalangan karena terdapat nilai-nilai yang bisa digunakan bagi kehidupan. Nilai tersebut berhubungan dengan Pendidikan karakter yang cukup penting untuk kehidupan. Nilai-nilai Pendidikan kerap dianggap sepele bagi kehidupan karena penyampaianya kurang jelas. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan nilai-nilai karakter untuk bisa diterapkan bagi kehidupan kita dalam cerpen berjudul Triple V karya Luthfiannisa Rusdarto Putri. Dalam cerpen berjudul Triple V karya Luhtfiannisa Rusdarto Putri terdapat nilai-nilai karakter sehingga bisa membuat pembaca merubah perilakunya menjadi lebih baik. Metode dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan berbagai macam data dengan membaca, menganalisis, mengumpulkan, dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter. Hasil dari penelitian cerpen tersebut terdapat tujuh nilai Pendidikan karakter untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti nilai cinta damai, kejujuran, peduli sosial, religius, rasa ingin tahu, etika dan persahabatan dalam cerpen berjudul Triple V karya Luthfiannisa Rusdarto Putri.
Full Text:
PDFReferences
Lestari, Mas Roro Diah Wahyu, Dkk. 2021. Modul Apresiasi Sastra Berbasis Project Method. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Tsauri, Sofyan. 2015. Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.
Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Putri, Luthfiannisa Rusdarto. 2012. Kecil-kecil Punya Karya: Triple V. Bandung: DAR! Mizan
Refbacks
- There are currently no refbacks.