PERANAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indra Rasyid Julianto, Annisa Sauvika Umami

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu pembelajaran yang menjadi akar pemahaman dalam mempelajari semua mata pelajaran. Peranan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi sosok sentral dalam mengedepankan aspek pengetahuan dan keterampilan berbahasa siswa seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Saat ini, peradaban dunia pendidikan sudah berbenturan dengan teknologi digital yang dengan cepat berkembang yang tentu memiliki pengaruh dalam pembentukan karakter manusia. Sekolah atau satuan pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter, terkhusus guru yang menjadi sosok penting dalam implementasi profil pelajar pancasila kepada siswanya. Profil pelajar pancasila merupakan suatu tantangan dalam mewujudkan karakter siswa menjadi sosok yang tidak hanya terfokus pada aspek kognitif, tetapi membuat siswa memiliki jati diri sebagai warga negara Indonesia yang memiliki nilai moral tinggi. Kurikulum merdeka belajar dapat membawa karakter positif yang memiliki kebebasan dalam berperilaku, berproses, dan cara berpikir memiliki makna fleksibel yang lebih luas terhadap siswa serta mengedepankan suasana yang tidak mengikat dalam proses pembelajaran. Adanya pengintegrasian profil pelajar pancasila pada pembelajaran bahasa Indonesia tentu menjadi implikasi yang dibawa dari guru sebagai nakhoda utama dalam penyalur informasi di kelas. Hal-hal yang harus diperhatikan juga oleh para guru yaitu cara pembelajaran dan keterkaitan dalam proses pengajaran yang dilibatkan pada pengertian profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan studi pustaka pada pelaksanaan metodenya dengan bertujuan untuk memuat peranan guru dalam mengimplementasi profil pancasila kepada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia seperti pemberian suatu nasihat pada siswa, sikap toleransi tinggi, tidak adanya sikap indisipliner, dan rasa nasionalisme dalam lingkungan bermasyarakat

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. (2017). PERAN FASILITATOR GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/PIP.312.6

Amalia, Siti. (2019). PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI UNTUK REMAJA TUNARUNGU. Institut Teknologi Bandung: Jurnal Komunikasi Visual Wimba Vlo, 10 10, 14.

Arifin, Syamsul. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Ayu, Dewi Puspita., & Amelia, Rahma. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning di Era Digital disajikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta

Farinda, Fera Umi, & Camila, Syahraini Nursyifa. (2021). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta tantangan di era revolusi society 5.0 disajikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta

Fauzi, Fadli Yudia, Arianto, Ismail, & Solihatin, Etin. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik (hlm. 1–16) [Preprint]. Jurnal PPKN UNJ Online. https://doi.org/10.31237/osf.io/hnqt9

Habibi., Sukroyanti, B. A., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Safitri, B. R. A. (2021). PANDUAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT SEBAGAI BAHAN PELATIHAN BAGI GURU. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA 2(1), 8.

Hamdi, Mohammad Mustafid. (2020). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, 10.

Hanum, Fathikah Fauziah. (2019). PENDIDIKAN PANCASILA BAGI GENERASI MILENIAL. Prosiding Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Kahfi, Ashabul. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2)

Khairunnisa, & Karunia, Isna (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Kurikulum 2013. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta.

Marisa, M. (2020). CURRICULUM INNOVATION “INDEPENDENT LEARNING” IN THE ERA OF SOCIETY 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora , 5(1)

Masruri, M. S. (2010). Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Geografi. Informasi, 36(2).

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rusdiana, A., Heryati, Y., & Saebani, B. A. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia

Santika, I Wayan Eka (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values anda Character Education Journal 3(1)

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). PERAN GURU SEBAGAI APLIKATOR PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Disajikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta.

Zulkarnain, Dewanto. (2019). PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALANGKA RAYA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 27. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.905


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ