KRITIK SOSIAL DAN NILAI MORAL PADA NOVEL “MISTERI HILANGNYA PANGERAN OLEOMARGARIN” KARYA MARK TWIN

Ira Atikah Suci, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kritik sosial dan nilai moral dalam novel Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin. Sumber penelitian ini terdapat dalam novel Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin karya Mark Twin. Alasan memilih novel Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin, karena novel ini bisa dibaca oleh semua usia.  Novel yang berisi tentang kebaikan dan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kritik sosial dan nilai moral. Penelitian ini menggunakan kajian kritik sastra dan menggunakan teori heurmeneutik dan mimesi. Pengumpulan data menggunakan metode pustaka, simak, dan catat. Hasil penelitian terdapat: (1) Kritik sosial pada novel Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin (a) disorganisasi keluarga (b) pelanggaran norma masyarakat (c) birokrasi, (d) kemiskinan, dan (2) Nilai moral yang terdapat dalam novel Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin, yaitu, (a) nilai moral individu, (b) nilai moral sosial.


Full Text:

PDF

References


Agus, I. (2017). Kritik Sosial Dalam Novel O Karya Eka Kurniawan: Kajian Sosiologi Sastra. Humanis Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol 9 No. 2 Mei 2017: 127 & 132.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, P. H. S. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Vol 5 No.2 2021: 630.

Sari , A. R. (2022). Kritik Sastra Pada Film Tersanjung Karya Hanung Bramantyo Pendekatan Feminisme. Jurnal konsepsi. Vol 10 No.1 2021: 20 & 22.

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal homepage. Vol 7 No.1 2022: 118.

Twin, M., & Stead, P. (2020). Misteri Hilangnya Pangeran Olemargarin. Jakarta Selatan: Noura Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ