KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS DARI HASIL BACAAN BUKU FIKSI NOVEL SABTU BERSAMA BAPAK DI MTS MIFTAHUL UMAM JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengeksplorasi keterampilan berbicara siswa; (2) untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media buku fiksi berupa novel “Sabtu Bersama Bapak”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi beberapa hal, di antaranya observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku fiksi berupa novel “Sabtu Bersama Bapak” menunjukan hasil yang baik dalam merangsang kemampuan berbicara. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes siswa kelas VIII-1 MTs Miftahul Umam tahun 2020/2021 diperoleh nilai ratarata kelas mencapai 75.96, atau dapat dibulatkan menjadi 76 dan berada pada kategori baik. Data tersebut didapatkan melalui analisis dari 27 siswa, 17 di antaranya mendapat nilai di atas 76 dengan kategori baik dan sangat baik. Hasil penelitian juga diperkuat dengan wawancara bersama guru bahasa Indonesia MTs Miftahul Umam Jakarta dan beberapa siswa yang mengikuti tes kemampuan berbicara
Full Text:
PDFReferences
Mahardika, Deni. Cerdas Berbicara di
Depan Publik. Yogyakarta:
FlashBooks, 2015.
Mulya, Adhitya. Sabtu Bersama Bapak.
Jakarta: Gagas Media, 2014.
Nasucha, Yakub. Modul Keterampilan
Berbicara Pembelajaran Teori dan
Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka,
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFEYogyakarta, 2017.
Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian
Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press, 2012.
Saroni. Berbicara Terampil Berbahasa
melalui Berbicara. Yogyakarta: KMedia, 2016.
Subhayni, Sa’adiah, dan Armia.
Keterampilan Berbicara. Banda Aceh:
Syiah Kuala University Press, 2017.
Susanti, Elvi. Keterampilan Berbicara.
Depok: PT Raja Grafindo Persada,
Refbacks
- There are currently no refbacks.