REPRESENTASI KRITIK SASTRA PUISI CINTA “AKU BICARA PERIHAL CINTA” KARYA KAHLIL GIBRAN (KAJIAN STURUKTURALISME)

Irma Dwi Arianti, Wika Soviana Devi

Abstract


Kritik sastra yaitu suatu hal yang mempelajarai suatu kaitan dengan  sebuah pendefinisan, penggolongan, anlisis , serta evaluasi atau penilaian pada suatu  karya sastra.  Metode penelitian ini menerapkan pendekatan strukturalisme genetik yaitu pendekatan yang  memandang suatu karya sastra dari  dua sudut berbeda yaitu  unsur-unsur yang  ada pada karya   unsur intrinsik dan juga untuns-unsur yang ada di luar karya sastra unsur ekstrinsik. Pada penelitian ini berfokus pada unsur intrinsic dan juga latar bekalakang pengarang khususnya pada nilai religiusnya. Puisi merupaka sebuah karya sastra yang  di dalamnya mengungkapkan pikrian serta kejiwaaan  atau perasaan pengarang secara imajinatif yang disusun berdasarkan stuktur fisik serta struktur batinnya


Full Text:

PDF

References


Alotia, H. (2016). Bahasa Kiasan dalam Puisi-Puisi Karya Carl Sandburg. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas SAM Ratulangi, 1-16.

Elfisyah, N. (2017). Bahasa Kiasan dan Citraan Antologi Catatan Hati karya M.A. Elkazama (Kajian Stilistika): Relevansinya Terhada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. 1-15.

Fransori, A. (2017). Analisis Stilistika Pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. DEIKSIS Vol.09 No.01, Januari, 1-12.

Hermoyono, R. P. (2015). Analisis Kritik Sastra Puisi "Surat Kepada Bunda: Tentang Calon Menantunya" Karya W.S Rendra. DIDAKTIS Vol. 15, No.1 , 1-10.

Humaira, M. A. (2018). Aspek Imaji Pada Puisi Runcing Besi Karya Soni Farid Maulana. Jurnal Komposisi, Vol 3. No.2, 1-8.

Kadir, H. (2010). Analisis Struktur Puisi "Kita Adalah Pemiliki Syah Republik Ini" Karya Taufik Ismail. Jurnal Inovasi, Vol 7. No.2, 1-19.

Lastari, A. (2017). Pandangan Dunia Pengarang Dalam Kumpulan Puisi Blues Untuk Bonnie Karya Rendra (Kajian Strukturalisme Genetik). AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1. No.1, 1-17.

Nafinuddin. (2020). Majas (Majas Pebandingan, majas pertentangan, majas perulangan, majas pertautan). 1-34.

Dadi Waras Suhardjo, N. A. (2021). Kajian Strukturalismet Genetik dalam Novel Bertemakan Religiositas. Sleman Yogyakarta: Garudhawaca.

Pradopo, R. D. (2021). Teori Kritik dan Penerapannya Dalam Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Yudiono. (2009). Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Grassindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ