NILAI MORAL DALAM NOVEL ANAK KEMBARAN MAMA KARYA MARIA

Amalia Susanti, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Sastra anak dikerjakan beserta isi yang sangat sederhana tapi tiada berkurang pesan yang diberitahukan penulis kepada pembacanya, sebab agar cerita tidak berat saat dimengerti oleh anak. karya sastra anak yang banyak diminati, novel KKPK mempunyai isi yang berguna dan tercantum hal-hal pendidikan, supaya anak mengetahui nilai moral sesudah membacanya. Penelitian ini mempunyai  tujuan supaya mngenal nilai-nilai moral pada novel kecil-kecil punya karya dengan judul kembaran mama karya maria. Jenis Penelitian yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral. Tindakan nilai moral adalah hal yang sangat baik untuk anak pada saat  pertumbuhannya. Hasil penelitian  menyatakan nilai moral pada novel kecil-kecil punya karya yang berjudul kembaran mama karya maria didapati 4 nilai moral yaitu. (1) nilai hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari rajin, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, dan tahu berterima kasih (2) nilai tanggung jawab, ikhlas, tanggap, empati dan bersahabat. (3) nilai moral antara manusia dengan manusia terdiri dari pemaaf, kepedulian, menyemangati (4) nilai moral antara manusia dan tuhan terdiri dari bersyukur dan berprasangka baik kepada tuhan. Pada nilai moral yang ditemukan mampu digunakan sebagai salah satu pilihan pendidikan karakter.


Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiyantoro. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Creswell, John W. (2010), Research Design_Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairiah, Maria Nafisah. 2011. Kecil-Kecil Punya Karya: Kembaran Mama. Bandung: Dar! Mizan

Krissandi, Apri Damai Sagita, dkk. 2018. Sastra anak: Media Pembelajaran Bahasa Pada Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Bahasa Indonesia

Rukajat .A. 2018 Pendekatan Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Deepublish

Sjarkawi. (2009). Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiwit Wahyuning, Jash, & Metta Rachma Diana. (2003) Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ