NILAI SOSIAL DALAM NOVEL ANAK ”THE SOCCER GIRL” KARYA EVANGELINA TESSIA P, FIRA FIRDAUS, MARSELLA AZUELA

Khori Ananda, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Karya sastra merupakan perwujudan dari realitas hal-hal yang terjadi di dalam masyarakat. Demikian juga para pembaca yang menikmati karya sastra. Karya sastra juga bisa menjadi sarana untuk nilai-nilai atau ideologi tertentu serta dapat menimbulkan kesan positif bagi pembacanya. Sastra anak adalah salah satu karya tulis yang diciptakan untuk anak-anak dengan ciri khas yaitu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti yang didalamnya juga mengandung berbagai nilai-nilai moral yang dapat diperhatikan kemudian dapat dicontoh oleh anak-anak yang membacanya. Sastra anak sendiri memiliki berbagai jenisnya, antara lain yaitu novel anak dengan ciri khas menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak dan berisi konflik yang ringan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sosial pada tokoh yang ada di dalam novel “the soccer girl”. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan dilakukan dengan cara membaca, menganalisis, mendeskripsikan dan mengklasifikasikan dengan data yang akan dikaji. Sumber data yang digunakan didapatkan dari data primer berupa novel “The Soccer Girl” yang penulis miliki secara fisik, serta data sekunder berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya yang meneliti tentang nilai sosial yang terkandung dalam sebuah karya sastra. Hasil analisis dan penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan nilai-nilai sosial yang terkandung dan dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari oleh anak-anak yang terdapat pada novel “the soccer girl” karya Evangelina Tessia p, Fira Firdaus, Marsella Azuela.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamzah, Ilham. 2017. “Nilai Edukatif dalam Novel Mimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurachmana,Alifiah. dkk. 2020. Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. Universitas Palangka Raya. Vol 1. No. 1.

Setiani, Febri dan Zainal Arifin. 2021. “Nilai Edukatif Tokoh Burlian dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif”. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya.

Tessia P, Evangelina. dkk. (2012). The Soccer Girl. Depok: Edelweiss

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ