ANALISIS HASIL BELAJAR MENYIMAK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DARI FILM KELUARGA CEMARA PADA SISWA KELAS X MMB SMK SYAMSUL ARIFIN

Khumairoh Isnaeni, Badriyah Wulandari

Abstract


Di era teknologi yang semakin canggih ketertarikan siswa dalam menyimak suatu materi dari paparan informasi yang disajikan berupa teks menimbulkan kejenuhan atau kurangnya minat siswa untuk menyimak pembelajaran dengan baik.Hal itu membuat guru harus lebih aktif dan inovatif agar dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa menyampingkan isi pesan dari materi yang disampaikan. Melalui permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yang dapat diterapkan oleh guru khususnya guru bahasa Indonesia untuk meminimalisir kejenuhan siswa dalam menyimak sebuah materi pembelajaran maupun berita yang informatif seputar ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui apakah pembelajaran menyimak melalui media audio visual ini dapat memberikan perubahan atau hasil yang menunjukkan siswa lebih aktif dan lebih memahami pembelajaran, peneliti mengumpulkan data hasil belajar siswa dari pembelajaran menyimak berupa evaluasi hasil belajar yang dimiliki oleh guru dan melakukan interview kepada guru seputar keaktifan dan pemahaman siswa sebelum diterapkannya pembelajaran melalui media audio visual.


Full Text:

PDF

References


Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574

Hijriyah, U. (2016). Menyimak: Stategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. In Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan.

Pebriana, U., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.766-772

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ