PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PETUALANGAN ALAN DAN PROFESOR APTA KARYA IRHAYATI HARUN DAN UDA AGUS

Luthfiah Zahra

Abstract


Sastra anak memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan. Maka dari itu, pembelajaran sastra anak perlu ditanamkan sejak dini agar imajinasi, kemampuan berpikir kritis dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung didalamnya dapat dipahami oleh anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif melakukan penafsiran dengan cara menerangkan dan menjelaskan mengenai pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel lalu menyajikan data dalam bentuk deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam novel Petualangan Alan dan Profesor Apta Karya Irhayati Harun dan Uda Agus. Hasil penelitian ini memperlihatkan terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang didapat dalam novel ini. Nilai pendidikannya yaitu tentang persahabatan antara Alan, Profesor Apta dan hewan-hewan yang mereka temui. Nilai pendidikan kreatif yaitu Professor Apta yang menciptakan alat untuk berbicara dengan hewan. Nilai pendidikan rasa ingin tahu yaitu Alan selalu bertanya kepada Profesor Apta mengenai apa yang ia tidak ketahui. Nilai pendidikan cinta tanah air, pulau yang pertama mereka kunjungi adalah pulau-pulau di Indonesia. Setelah itu barulah mereka menuju benua lainnya. Nilai pendidikan peduli sosial yaitu Alan dan Profesor Apta membantu hewan yang sedang kesulitan. Nilai pendidikan jujur yaitu Alan dan Profesor Apta selalu berkata jujur kepada hewan-hewan yang mereka temui bahwa mereka hanya ingin observasi saja. Dengan adanya karya sastra anak yang imajinatif dapat menstimulasi anak agarĀ  tertarik untuk menguasai teks sastra anak. Selain itu, anak dapat mendalami nilai-nilai pendidikan karakter di dalam teks sastra anak lalu menerapkan di dalam kehidupannya.


Full Text:

PDF

References


Haryati, Irhayati & Agus, Uda. 2017. Petualangan Alan dan Profesor Apta. Surakarta: Indiva Media Kreasi.

Kesuma, C. T. & J. P. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khaerunnisa, dkk. 2021. Modul Apresiasi Sastra Berbasis Project Method. Jakarta: UM Jakarta Press.

Kosasih, E. 2014. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarya: Gadjah Mada University Press.

Sanjaya, M. D, dkk. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di SMA Kredo. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol. 5 No. 2 Maret 2022.

Yenhariza, D., Nurizzati, N., & Ratna, E. 2012. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 No. 1 September 2012

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ