KRITIK SASTRA FEMINISME DALAM NOVEL SENYUM YASMIN KARYA AJENG SASTRA

Maysita Rizky Utami, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh melalui kritik sastra feminisme yang terdapat pada novel “Senyum Yasmin” karya Ajeng Sastra. Sumber informasi yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah buku “Senyum Yasmin” karya Ajeng Sastra. Metode penelitian yang digunakan yaitu berbentuk kualitatif dengan memakai deskritif untuk menjelaskan suatu keadaan, peristiwa, objek, apakah orang, atau segala sesuatu yang terkait dengan variabel yang bisa dijelaskan baik dengan angka maupun kata-kata. Teknik pengumpulan informasi dengan membaca secara berulang-ulang serta menandai dan mencatat hal yang penting untuk mendapatkan informasi secara utuh. Data diterapkan melalui dialog antar tokoh dan kutipan teks. Persoalan gambaran tokoh pada cerita novel “Senyum Yasmin” sangat menarik untuk dikaji. Gambaran ini dikaji dengan pendekatan feminisme. Dalam kajian feminisme yang  digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) penggambaran fisik tokoh perempuan, 2) perempuan dalam menghadapi persoalan.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. (2017). Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Anak Indonesia (Sebuah Pendekatan Kritik Feminisme). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa dan Sastra dan Pengajarannya, 67-75.

Devi, W. S. (2019). Teori Sastra. Jakarta: CV Al Chalief.

Ratnawati, I. I. (2013). Eksistensi Perempuan Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus: Tinjauan Kritik Sastra Feminis. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 236-241.

Sastra, A. (2013). Senyum Yasmin. Jakarta: Zettu.

Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan . Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ