ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA ANAK SMART MELLY KARYA PUTRI RETNO

Mutiara Halimatu's Sadiyah, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam kehidupan yang di mana kehadirannya mulai sedikit terkikis di zaman sekarang. Tidak jarang ditemukan anak-anak yang kurang memiliki pendidikan karakter dalam kehidupan bersosialisasi mereka. Berkurangnya nilai-nilai budi pekerti yang terdapat dalam pendidikan karakter juga sejalan dengan rendahnya minat baca pada kalangan anak-anak. Kecil-kecil punya karya merupakan sebuah cerita anak terbitan Dar Mizan yang menceritakan kehidupan dan dunia berdasarkan sudut pandang anak. ‘Smart Melly’ adalah salah satu cerita anak KKPK yang mengandung banyak pelajaran hidup dan nilai kemanusiaan bagi pembaca. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita anak kecil-kecil punya karya berjudul ‘Smart Melly’ karya Putri Retno. Dengan menganalisis unsur nilai yang terdapat pada cerita anak KKPK ‘Smart Melly’ diharapkan dapat menumbuhkan karakter positif serta meningkatkan ketertarikan anak dengan dunia sastra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu sebuah metode dengan pengumpulan data berupa kata-kata yang dikaji dengan cara membaca, menganalisis, mendeskripsikan, dan mengklasifikasi unsur nilai yang tercantum. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman bersosialisasi bagi anak-anak di kehidupan sehari-hari seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, toleransi, peduli sosial, setia, apresiasi pencapaian, dan persahabatan yang terdapat dalam cerita anak KKPK ‘Smart Melly’ karya Putri Retno

Full Text:

PDF

References


Imawati, Endah. 2020. Pendidikan Karakter dalam Cerita Gadis Pengusaha Korek Api Karya Watiek Ideo. Jurnal Belajar Bahasa. Vol. 5 No. 1 Maret 2020.

Lestari, Mas Roro Diah Wahyu. Dkk. 2021. Modul Apresiasi Sastra Berbasis Project Method. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Krissandi, Apri Damai Sagita. Dkk. 2018. Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.

Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Jawa Barat: CV Jejak.

Miftakhuddin., Sukowati., & S, Hidayah Mulayningsih. 2020. Sastra anak: Genre realisme. Jurnal Ilmiah. Vol. 6 No. 1 Juni 2020.

Pambayun, Putri Retno. 2009. Kecil-kecil Punya Karya: Smart Melly. Bandung: DAR! Mizan.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Yulianto, Daris. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter: Kajian Kebijakan PPK Pendidikan Karakter Kulon Progo (PendekarKU). Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ