REFLEKSI TRAGEDI KERUSUHAN MEI 1998 DALAM NOVEL NOTASI KARYA MORRA QUATRO

Amanda Acelia Putri, Wika Soviana Devi

Abstract


Sebuah karya sastra tidak dapat dipisahkan oleh kondisi sosial masyarakat. Indonesia memiliki sejarah peristiwa kelam pada masa pemerintahan orde baru, salah satunya yaitu tragedi kerusuhan Mei 1998. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis refleksi sosial yang terdapat dalam Novel Notasi Karya Morra Quatro. Novel Notasi mengusung tema reformasi dari sudut pandang mahasiswa diluar Jakarta (Yogyakarta). Berlatar belakang Universitas Gadjah Mada tahun 1998 serta peristiwa-peristiwa sejarah Indonesia yang berkaitan dengan kondisi sosial dan politik saat itu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra Alan Swingewood. Peneliti menggunakan metode deskriptif analisis yaitu menganalisis dan menguraikan data untuk menggambarkan keadaan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dengan teknik simak dan catat sehingga ditemukan data yang relevan. Dalam penelitian ini menggunakan dua sumber data. Sumber data pertama dalam bentuk karya sastra prosa yaitu novel Notasi karya Morra Quatro dan sumber data kedua yaitu artikel dan jurnal yang berkaitan dengan peristiwa pemerintahan orde baru tahun 1998. Data dalam penelitian ini berupa frasa, kalimat atau paragraf yang mengandung refleksi sosial. Dalam penelitian ini menghasilkan pembahasan yaitu terdapat refleksi sosial yang terdiri dari tiga sub yaitu refleksi sosial berdasarkan kekuasaan, refleksi sosial berdasarkan kekerasan dan refleksi zaman. Peristiwa yang muncul dalam Novel NotasiĀ  karya Morra Quatro yaitu berasal dari realitas sosial.


Full Text:

PDF

References


Bhakti, Ikrar Nusa. 2001. Militer dan Politik Kekerasan Orde Baru: Soeharto di Belakang Peristiwa 27 Juli?. Bandung: Mizan

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta Depdikbud

Quatro, Morra. 2013. Notasi. Gagas Media: Jakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2008. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. (Cetakan Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarti, dkk. Refleksi Sosial Novel Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah Karya Naning Pranoto (Kajian Sosiologi Sastra Alan Swingewood). Neologia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), hal 133-147.

Suwardi, 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Universitas Negeri Yogyakarta: CAP

Wahyudi, Tri. 2013. Sosisologi Sastra Alan Swingewood Sebuah Teori. Jurnal Poetika. 1 (1) hal 55-61

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan (Diterjemahkan oleh Melani Budianto). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widjojo, Muridan S. 1999. Penakluk Rezim Orde Baru: Gerakan Mahasiswa 1998. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ