KENAKALAN REMAJA DALAM NOVEL IF YOU KNOW WHY KARYA INDRIYA (KRITIK SOSIAL)

Nur Aini, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini adalah suatu bagian dari kritik sastra yaitu kritik sosial. Dimana kenakalan remaja menjadi fokus utama dalam mengkritik novel karya Indria yang berjudul If You Know Why. Novel If You Know Why sendiri adalah novel karya Indria yang diadaptasi dari aplikasi baca buku daring yaitu Wattpad. Dalam  mengkritik aspek kenakalan remaja dalam novel karya Indria ini menggunakan teori Sosiologi dari Wellek dan Warren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari peneilitian ini ialah mengkritisi serta mengkritik faktor penyebab kenakalan remaja dan bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terdapat dalam novel If You Know Why. Analisis yang digunakan dalam mengkritik novel ini ialah membuat resume, melakukan analisis, melakukan interpretasi dan yang paling penting ialah mengevaluasi kembali. Yang terkahir yaitu hasil dari penelitian ini yaitu mengkritik bentuk-bnetuk kenkalan remaja yang terdapat dalam nove karya Indriya ini. Bentuk-bentuk kenakalan remaja juga membagi empat bidang yaitu kenakalan dalam bentuk korban fisik, korban materi, kenakalan yang tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain dan melawan arus.


Full Text:

PDF

References


Anwar, F., & Syam, A. (2018). Kritik Sosial dalam naskah drama alangkah lucunya negeri ini karya Deddy Mizwar. Bahasa dan Sastra, 3(3).

Astuti, R. E., Mujiyanto, Y., & Rohmadi, M. (2017). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 4(2), 175-187.

Devi, W. S. (2019). Teori sastra. Jakarta: CV Al Chalief.

Hartanto, H., & Suprayitno, E. (2021). Aspek Sosial dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).

Hasaniy, N. R. A. Potret Kenakalan Remaja dalam Novel Versus: Selalu Ada Harapan Diantara Perbedaan Karya Robin Wiyaya. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 5(2), 184-204.

Indriya. (2017). If You Know Why. Jakarta: Loveable.

Mahayana, M. S. (2015). Kitab kritik sastra. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1 (2), 216-230.

Oktaviani, Desy dan Lukmawati. “Keharmonisan Keluarga dan Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas 9 Mts Negeri 2 Palembang”. Dalam Jurnal Psikis: Psikologi Islami, Vol. 4 No. 1 Juni 2018.

Pangaribuan, N. N., br Ginting, N. V., br Purba, R. W., Aritonang, P., & Annisa, A. (2019). Kritik sosial pada novel Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1(1), 1-8.

Puspita, A. C., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2018). Kritik Sosial dan Nilai Moral dalam Novel" Negeri dI Ujung Tanduk" Karya Tere Liye. Indonesian Language Education and Literature, 4 (1), 11-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ