ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP ASSAFINA

Fungky Ade Irawan, Dalman Dalman, Idawati Idawati

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana tentang kesalahan dalam menggunakan lafal yang tepat, diksi atau pilihan kata yang sesuai, serta struktur kalimat yang benar dalam menyampaikan gagasan.Lafal merupakan hal yang cukup penting dalam berbahasa. Ketepatan dan kejelasan ucapan penutur akan menentukan tingkat kualitas pemakaian bahasa seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan lafal dalam diskusi kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Assafina Bandar Lampung, (2) kesalahan diksi (pemilihan kata) dalam diskusi kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Assafina Bandar Lampung, (3) kesalahan struktur kalimat dalam diskusi kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelasVIII SMP Assafina Bandar Lampung. gunakan teknik observasi, rekaman, dan pencatatan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 38 kalimat yang mengandung kesalahan, yaitu (1) kesalahan lafal berjumlah 14 kesalahan disebabkan pengaruh dialek bugis , jaseng, dan lampung yaitu, perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem, (2) kesalahan diksi berjumlah 21 kesalahan disebabkan pemilihan kata yang kurang tepat, dan (3) kesalahan struktur kalimat berjumlah 3 kesalahan yang disebabkan adanya keterbatasan kosakata dalam penyampaian kalimat yang baik dan benar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi umpan balik bagi siswa, guru bahasa Indonesia, sekolah, peneliti lain, pengguna bahasa dan pihak-pihak terkait..

Full Text:

PDF

References


Djuroto Totok 2017. Menulis Artikel Dan

Karya Ilmiah. Jakarta Remaja

Rosdakarya

Hermawan Agus 2019. Pelatihan

Keterampilan Berbicara untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berbicara di depan Umum pada

Himpunan Mahasiswa Progam

Studi Pendidikan Bahasa

Indonesia Universitas Nahdlatul

Ulama Blitar. Universitas

Nahdlatul Ulama Blitar

Indonesia.

Idrus 2021.Analisis Kesalahan Berbahasa

Dalam Interaksi Pembelajaran

Bahasa Indonesia Siswa Kelas

Vii Madrasah Tsanawiyah

Alkhairaat Pinotu.FKIP

Universitas Alkhairaat Palu.

Disti 2018.Analisis Kesalahan Berbahasa

Dalam Interaksi Pembelajaran

Bahasa Indonesia Siswa Kelas

VII MTS DDi Walimpong

Kabupaten Soppeng.FKIP

Universitas Negri Malang.

Keraf, Gorys. 2018. Tata Bahasa Rujukan

Bahasa Indonesia. Jakarta: PT

| 2021

Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Mantasiah R. dan Yusri 2020.Analisis

Kesalahan Berbahasa. Jakarta.

Depublish Publisher.

Nurgiyantoro Burhan.2015. Stilistika.

Jogjakarta. Gadjah Mada

University Press

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional. 2003. Pedoman

Umum Ejaan Bahasa Indonesia

yang Disempurnakan. Jakarta:

Balai Pustaka.

Rahardi Kunjana. 2006. Dimensi Dimensi

Kebahasaan. Jakarta Erlangga

Subroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di

Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Purhantara Wahyu. 2010. Metode

Penelitian Kualitatif Untuk

Bisnis. Yogyakarta. Graha

Ilmu.

Sumadiria AS Haris 2014.Panduan Praktis

Penulis dan Jurnalis Profesional

Bandung.Simbiosa Rekatama

Media.

Syarifuddin Amir 2009. Implementasi Kode

Etik Jurnalistik Wartawan

(Studi pada berita politik di

jambi ekspress). Muaro

Jambi.UIN Sulthan Thaha.

Tarigan, Djago.2011. Berbicara Adalah

Keterampilan Menyampaikan

Pesan Melalui Bahasa Lisan..

Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ