NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL SI ANAK PELANGI KARYA TERE LIYE MELALUI PENDEKATAN SOSIOLOGIS SASTRA

Alya Maulidia Zahra, Ninda Camila Julianti, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Novel Si Anak Pelangi merupakan Serial Anak Nusantara terbaru karya Tere Liye yang terbit pada tahun 2021. Dalam novel tersebut berkisah tentang seorang anak yang bermukimdi zona yang sangat beraneka ragam besertaberbagai persoalannya. Persoalanyang diangkat dari penelitian ini menyangkut tentang apa saja nilai pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel Si Anak Pelangi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan sosiologis sastra. Nilai pendidikan keluarga menjadi sangat penting untuk anak karena fungsi keluarga dalam memberikan didikan, tuntunan, dan bimbingan kepada segenap anggota keluarga supaya kelak dapat beranjak dan bertumbuh maksimal baik secara jasmaniataupun spiritual. Sebab pendidikan mengenai keluarga tidak dibagikan secara eksklusif oleh lembaga pendidikan tertentu, karena itu pendidikan mengenai keluarga dapat dieksekusi lewat media novel. Metode yang dipakai dalam analisis ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan sistem studi pustaka dan menggabungkan data. Haluan dalam penelitian ini yaitu berupa nilai pendidikan keluarga dalam Si Anak Pelangi Karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf yang menggambarkan nilai pendidikan keluarga, sedangkan akar data adalah novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye. Hasil analisis ini dapat disimpulkan yaitu dalam novel Si Anak Pelangi memiliki nilai pendidikan keluarga tentang kehidupan seorang anak bernama Rasuna yang penuh kehangatan di dalam keluarganya.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran

Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Keluarga

Konsep dan Strategi. Jakarta: Gava

Media.

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra.

CV AL Chalief. Perum Graha Jati

Indah D6, RT IX, Jati, Jaten,

Karanganyar.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi

Penelitian Sastra. Yogyakarta: FBS

Universitas Nagen Yogyakarta.

Ginanjar, N. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi

Teori dan Praktik. Surakarta:

Anonim.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan

Karakter Konsepsi dan

Implementasi secara Terpadu di

Lingkungan Keluarga, Sekolah,

Perguruan Tinggi dan Masyarakat.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Liye, Tere. 2021. Si Anak Pelangi. PT.

Sabak Grip Nusantara.

Marlina, T, Desi Irafadilah Effendi, Joko

Hariadi. 2020. Kajian Sosiologis

Sastra Dalam Novel Arah Langkah

Karya Fiersa Besari. Jurnal

Samudra Bahasa. Vol. 3 No. 1 : 33-

Mizal Basidin. 2014. Pendidikan dalam

Keluarga. Jurnal Ilmiah Perdeun.

Vol.2 No. 3. September 2014.

Moses, Melmambessy. 2012. Analisis

Pengaruh Pendidikan, Pelatihan,

dan Pengalaman Kerja terhadap

Produktivitas Kerja Pegawai Dinas

Pertambangan dan Energi Provinsi

Papua. Media Riset Bisnis dan

Manajemen 12.1. 2012: 13-36.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian

Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP

Press Group.

Rini. Corry Nur Istho. 2017. Peran

Keluarga dalam Membina Moral

Anak. FKIP UMP.

Sjarkawi. 2015. Pembentukan Kepribadian

Anak Pesan Moral, Intelektual,

Emosional, dan Sosial Sebagai

Wujud Integritas Membangun Jati

Diri. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ