PEMAHAMAN PERILAKU PADA ANAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPRESIF DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE

Pebriliana Husnul Khotimah, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Karya sastra terbentuk karena terdapat pengalaman hidup seorang pengarang yaitu berupa kejadian atau permasalahan yang menarik untuk diceritakan sehingga muncul ide dan inspirasi yang dimasukkan ke dalam sebuah tulisan. Sastra dapat dinikmati segala umur, tingkatan emosi atau perasaan, tingkatan pengetahuan manusia, dan sosial. Jika mereka dibatasi saat berada di dunia sekolah, maka seharusnya mereka mempunyai hak untuk dapat memperoleh bacaan sastra yang sesuai dengan umur, tingkatan emosi atau perasaan, tingkatan pengetahuan, dan sosial. Ada beberapa cara untuk membentuk karakter peserta didik yaitu salah satu caranya melalui karya sastra. Melalui karya sastra tersebut peserta didik dapat mengetahui dan memahami apa saja cara untuk membangun karakter yang baik. Salah satu konsep mengkaji karya sastra agar peserta didik dapat mengenal karakter yaitu melalui pendekatan ekspresif. Pendekatan ekspresif melihat karya sastra sebagai luapan perasaan pengarang. Pengarang adalah sumber dari karya sastra. Sebab, pengarang memiliki wawasan dan kreativitas yang baik. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis yaitu menggunakan pendekatan ekspresif pada salah satu karya Tere Liye yaitu novel Si Anak Kuat. Alasan peneliti memilih karya Tere Liye tentang novel Si Anak Kuat karena novel ini mengangkat kisah tentang anak yang kuat, jujur dan peduli terhadap keluarga, teman, bahkan kampungnya. Para pembaca dapat menjadikan novel ini sebagai salah satu media untuk anak-anak mengetahui bagaimana karakter yang baik. Maka dari itu peneliti menggunakan pendekatan ekspresif untuk mengetahui karakter dari tokoh dalam karya Tere Liye tentang novel Si Anak Kuat


Full Text:

PDF

References


Damono, Sapardi Djoko. 2006. Pengarang, Karya Sastra dan Pembaca. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol. 1 No. 1

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. CV Al Chalief.

Effendi, Anwar., Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 3 No. 3

Gusar, Martua Reynhat Sitanggang., Hutabarat, Elvina Fransiska., Siregar, Junifer. 2022. Analisis Pendekatan Ekspresif pada Novel “Cantik Itu Luka” Karya Eka Kurniawan. PEDAGOGIKA Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. Vol. 2 No. 2

Liye, Tere. 2018. Si Anak Kuat. Jakarta: Republika Penerbit.

Nanda Putri, Desya., Puteri, Gianti., Shopi, Maula. 2020. Pengaruh Pendidikan Ekspresif dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer sebagai Pemahaman Karakter Novel. Prosiding SAMASTA

Rina. 2019. Analisis Tokoh Utama dalam Novel “Si Anak Kuat” Karya Tere Liye. Universitas Muhammadiyah Jember.

Rosida, Sisi. 2019. Analisis Cerpen Maryam Karya Afrion dengan Pendekatan Ekspresif. Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3 No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ