JENIS DAN FUNGSI PREPOSISI DALAM BUKU BIOGRAFI H.B JASSIN PERAWAT SASTRA INDONESIA

Ratri Sti Murakabi, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Preposisi merupakan kata dapan yang diikuti oleh nomina dan pronominal yang berfungsi sebagai penghubung kata. Preposisi ditemukan pada buku biografi H.B Jassin Perawat Sastra Indonesia. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu simak, sedangkan teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu teknik dasar sadap, dan teknik lanjutannya adalah teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode distribusional, sedangkan teknik analisis data yaitu teknik dasar yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung. Teknik lanjutannya yaitu teknik lesap. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Jenis Preposisi dalam buku biografi H.B Jassin Perawat Sastra Indonesia terdiri atas preposisi dasar (di, ke, dari, demi, dengan, oleh, sejak, dan seperti), preposisi turunan (daripada, kepada, oleh karena, oleh sebab, sejak…hingga, dari…ke, dan sejak…sampai), dan preposisi yang berasal dari kategori lain (pada, tanpa, sebagai, secara, sekitar, selama, melalui, mengenai, menurut, terhadap, menyangkut, dan selain) (2) fungsi preposisi pada buku biografi H.B Jassin Perawat Sastra Indonesia yang terdiri atas preposisi yang berfungsi menandai pertalian semantik ‘keberadaan’ (di dan pada), ‘asal’ (dari), ‘arah’ (ke), ‘alat’ (dengan), ‘peserta’ (dengan), ‘cara’ (dengan dan secara), ‘peruntukan’ (bagi dan untuk), ‘sebab’ atau ‘alasan’ (sebab dan karena), ‘perbandingan’ (daripada), ‘agentif’’ (oleh), ‘batas akhir (hingga dan sampai), ‘perihal’ dan ‘berkenaan dengan..’ (tentang dan mengenai). Simpulan dalam penelitian ini adalah jenis preposisi terdiri atas 3 buah dan preposisi berdasarkan fungsi yang menandai pertalian semantik terdiri atas 12 buah.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2021 ). Penggunaan Konjungsi Dan Preposisi Pada Postingan . Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

Chaer, A. (1998). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kridalaksana, H. (2008). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ramlan, M. (2008). Kalimat, Konjungsi, dan Preposisi Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karangan Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, P. (2018). H.B Jassin Perawat Sastra Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Suminar, R. P. (2016). PENGARUH BAHASA GAUL TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA . JURNAL LOGIKA, 114.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ