IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 19 SAWANGAN

Amelia Dwi Damayanti, Azka Nidaul Jannah, Neli Agustin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan tentang tantangan dan hambatan dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk meneliti informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan telah dilaksanakan dan sedang berlangsung, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat tantangan dan hambatan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun tantangan tersebut yaitu 1) keterampilan mengajar, 2) pandai dalam menguasai keterampilan dasar untuk kebutuhan belajar di era digital, 3) pandai mengelola kelas agar siswa tidak bosan, dan 4) memiliki referensi yang banyak dan luas, sedangkan hambatannya berupa 1) kurangnya pengalaman tentang kurikulum merdeka, 2) kurangnya fasilitas yang memadai, dan 3) kurangnya jam pelajaran karena terfokus pada proyek. Keberhasilan dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan dapat tercapai apabila kepala sekolah dan guru mampu mengatasi tantangan serta hambatan yang ada. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus membimbing guru untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran sehingga penerapan kurikulum merdeka dapat dilaksanakan secara optimal.


Full Text:

PDF

References


Ainia, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 3 No. 3.

Munandar, Arif. 2017. “Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Mataram: Aula Handayani IKIP Mataram.

Nugraha, Tono Supiatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI. Vol. 19 No. 2.

Rahayu, Restu, dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 4.

Sari, Ferta Bonita, dkk. 2020. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Intergrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No.4.

Satriawan, Wahyu dkk. 2021. Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 11 No. 1.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suwija, I Nyoman. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 28 April 2022, Denpasar.

Ulinniam, dkk. 2021. Penerapan Kurikulum Revisi 2013 di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1.

Yamin, Muhammad., & Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 6 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ