PENGGUNAAN APLIKASI NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 BOGOR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Raudhatul Aslami, Mahmudah Fitriyah ZA

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran menulis teks iklan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks iklan, (2) untuk mengetahui jenis tugas menulis teks iklan yang diberikan oleh guru kepada siswa, (3) untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran menulis teks iklan siswa kelas VIII MTsN 3 Bogor, dan (4) untuk mengetahui hasil keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII MTsN 3 Bogor menggunakan aplikasi Nearpod.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualiltatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 MTsN 3 Bogor dengan jumlah siswa 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek peniliaan dalam pembelajaran menulis teks iklan meliputi kesesuaian isi teks, ketepatan struktur teks, kesesuaian kaidah kebahasaan teks, ketepatan kata, dan ketepatan ejaan dan tata tulis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi Nearpod dalam pembelajaran menulis teks iklan pada siswa berhasil dengan nilai rata-rata 82 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penggunaan media aplikasi Nearpod pada siswa dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks iklan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data. Persentase siswa yang mendapat nilai 80-95 dengan predikat baik sekali adalah 74% dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan, 7 siswa lainnya mendapat predikat baik dengan nilai 70-75 dan persentase sebesar 26%. Berdasarkan data tersebut, dapat dinyatakan bahwa siswa sudah mampu membuat teks iklan dengan menggunakan aplikasi Nearpod.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Fatwa. 2021. Modul Pembelajaran SMP Terbuka Bahasa Indonesia: Modul 2 Berkomunikasi Melalui Teks Iklan Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faradisa, Ayu Rifqi., dkk. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs” dalam Prosiding PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar. 1st Annual Virtual Conference of Education and Science (AVES). Vol. 1.

Hamid, Mustofa Abi., dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Minalti, Mayang Putri dan Yeni Erita. 2021. Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies. Vol. 4. No. 1. Juni 2021.

Munirah. 2019. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Sleman: Deepublish.

Nurhamidah, Didah. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. PENA LITERASI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4. No. 2. Oktober 2021.

Poedjiningtias, Setjo Sri. 2022. Wawancara. MTsN 3 Bogor, Jumat, 29 Juli.

Ridwanuddin, Dindin. 2015. Bahasa Indonesia. Tanggerang Selatan: UIN Press.

Rizki, Fitria., Satinem, Agung Nugroho. 2021. Modul Menulis Teks Iklan Berbasis Kontekstual (Pengembangan Bahan Ajar Kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari). Jurnal LP3MKIL: Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Karya Ilmiah Linggau. Vol. 1. No. 1. Mei 2021.

S. Holly, Atkins, dan Lin caver. 2021. Writing is Thinking Strategies for All Content Areas. London: Rowman and Littlefield Publishing Group.

Said, Hamdanah dan Muhammad Iqbal Hasanuddin. 2019. Media Pembelajaran Berbasis ICT: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Parepare: IAIN Parepare NusantaraPress.

Sutarsih, Tri., dkk. 2020. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ