MATERI TEKS EKSPLANASI DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA

Rino Kusumo, Gilang Rhamadhan, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Penelitian ini mengambil sebuah judul Materi Teks Eksplanasi Kelas XI dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan dan menganalisis materi teks ekplanasi pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu metode untuk memahami dan memberikan sebuah gambaran yang jelas mengenai suatu permasalahan dalam penelitian. Hasil penelitian ini mendapati bahwa pemaparan materi dalam Kurikulum 2013 lebih banyak dan padat dibanding Kurikulum Merdeka. Kurikulum 2013 menyajikan pemaparan materi secara runtut dalam membuat teks eksplanasi. Didalam pemaparannya terdapat penjelasan awal, contoh fenomena, penjelasan langsung dalam contoh, dan berisi latihan yang menunjang peserta didik memahami tiap ulasan pembahasannya. Sedangkan Kurikulum Merdeka menyajikan kegiatan yang menggambarkan penjelasan, contoh, dan latihan. Dalam hal tersebut Kurikulum Merdeka lebih mefokuskan pada tujuan pembelajaran untuk dapat mengevaluasi gagasan dan menulis gagasan pada teks eksplanasi.


Full Text:

PDF

References


Aini, Dela Khoirul. (2020). ‘Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter’, Jurnal Filsafat Indonesia.

Daryanto. (2016).MMedia Pembelajaran: Perannya SangatMPenting DalamMmencapaiMTujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Faznur, Lutfi Syauki, Khaerunnisa, Sumardi, Aida. (2020). ‘Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru SMA Di Sukabumi’. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik

Rakhma Subarna, dkk. (2021). Bahasa Indonesia . Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudaayn, Riset, dan Teknologi .

Sugiyono. (2009) Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono. (2003). PengembanganMdannPemanfaatanMBahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Titik Harsiati, dkk. (2017). Bahasa Indonesia . Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ