DAMPAK FILM SPONGEBOB DAN GAME ONLINE TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA ANAK USIA 6 TAHUN

Samsul Arifin, R. Panji Hermoyo, M. Ridlwan

Abstract


Hasil penelitian  berjudul Dampak Film Spongebob dan Game Online terhadap pemerolehan bahasa kedua anak usia 6 Tahun. Penelitian ini dilatar belakangi maraknya anak-anak usia dini sekarang yang kecenderungan menonton film kartun dan game online yang membuat anak-anak pada usia 6 Tahun di desa Gulbung Kabupaten Sampang sampai bisa menggunakan bahasa Indonesia karena saking seringnya menonton film kartun Spongebob dan game online tersebut, sedangkan bahasa pertama anak tersebut merupakan bahasa Madura. Sehinngga penulis berinisiatif melakukan penelitian untuk bisa mendiskripsikan Pengaruh Film Spongebob dan Game Online terhadap pemerolehan bahasa kedua anak usia 6 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah: a. Pengaruh film kartun terhadap pemerolehan bahasa kedua anak usia 6 Tahun di desa Gulbung Kabupaten Sampang Madura ialah anak bisa berbahasa Indonesia (dalam bentuk kalimat) walaupun ada sebagian diksi mengarah ke hal yang kurang sopan seperti ujaran menjelekkan dengan kata dasar gendut, jelek dan lain sebagainya. b.  Pengaruh game online terhadap pemerolehan bahasa kedua anak usia 6 Tahun di desa Gulbung Kabupaten Sampang Madura ialah anak bisa berbahasa Indonesia (dalam bentuk kalimat) walaupun dalam struktur kalimatnya masih kurang lengkap semisal tidak menggunakan bahasa baku, masih belum menyertakan subjek dengan jelas.


Full Text:

PDF

References


Aryanto, D. E. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Somalia Umur 4 Tahun Terhadap Bahasa Kedua Dalam Lingkungan Masyarakat Ciputat Tangerang Selatan. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 97–103. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2970

Asriani. (2022). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Di Desa Mattrotasi Kabupaten Maros. IDIOMATIK Jurnal Pendidikan Bahsa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–7.

Hafifah, S., & Adawiyah, R. dan D. A. K. P. (2022). Pengaruh Game Online terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua pada Anak. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 19–35. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2022.2.1.19-35

Hikam, A. I. (2022). ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN ( Studi Kasus Terhadap Anak bernama Elwa di Perumahan Alam Sari ). Jurnal Sandhyakala, 3(1), 61–71.

Kholilullah, Hamdan, & H. (2020). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–94.

Mahmur, & Hasbullah, M. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169–184. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408

Hermoyo, RP (2015). MEMBENTUK KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA MASA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.30651/PEDAGOGI.V1I1.21

Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 374–382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Setiawan, D. &, & Munawaruzaman, A. (2021). Pengaruh Game Online dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Siswa). Prosiding SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan PkM, 2(1), 69–76.

Swastyastu, L. T. J. (2020). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–59.

Yodeska, Yolla Karchia, &, & Nursaid. (2019). Struktur Kalimat Dan Diksi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 517–525. https://doi.org/10.24036/108242-019883


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ