ANALISIS NILAI PEREMPUAN NOVEL AKU LUPA KALAU AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS

Sandi Bernandes, Anggi Mariska, Wika Soviana Devi

Abstract


Dalam kajian ini, kita akan mengkaji sosok perempuan dengan mengkoordinasikan tindakan dan tingkah laku mereka. Perempuan intelektual adalah perempuan mandiri. Menjadi mandiri secara sosial adalah mampu berfungsi secara mandiri dari orang lain sambil tetap membina hubungan dengan mereka. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah strategi mencatat dan membaca. Memahami komponen-komponen yang termasuk dalam tujuan kajian tokoh dan penokohan dalam novel memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi, mengkategorikan, menganalisis, dan kemudian mendeskripsikan isi novel.

Hasil penelitian ini menggambarkan tokoh Suad sebagai perempuan yang mandiri dan sosial yang kuat. Suad memerankan pemeran utama perempuan yang kuat. Individu-individu ini dapat dicap sebagai protagonis dan antagonis sesuai dengan pembenarannya. Suad adalah karakter perempuan tangguh yang berjuang mewujudkan semua cita-citanya. Dia adalah politisi yang sukses di parlemen dan aktif di sejumlah organisasi. Suad, tokoh yang berusaha menghilangkan perbedaan gender antara dirinya dan kaumnya, ingin menjadi seperti laki-laki pada masa itu.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Masnuatul Hawa. (2017). Teori Sastra (Agustus 20). Cv Budi Utama.

Quddus, I. A. (2012). Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan. Pustaka Alfabet.

Ratnawati, I. I. (2017). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus Tinjauan Kritik Sastra Feminisme. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ