KEYAKINAN CERITA DALAM NOVEL “AYAHKU BUKAN PEMBOHONG” KARYA TERE LIYE

Selviyana Suci, Wika Soviana Devi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dongeng terhadap pola asuh anak dan mengapa peran ayah dalam novel Ayak Tak Lyar mendidik anak melalui cerita fantasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Metode deskriptif sendiri dapat diartikan sebagai acara penyelesaian suatu masalah dengan cara mendeskripsikan objek kajian dan keadaan objek tersebut. Metode kualitatif menghasilkan kata dan kalimat yang terdapat dalam novel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang memotivasi anak dengan dongeng dapat menjadikan anak mandiri, bertanggung jawab, dan peduli. Oleh karena itu, peran asuh yang dimediasi oleh orang tua harus sebaik mungkin untuk masa depan anak.


Full Text:

PDF

References


Pratiwi, E. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tunanetra. Prosiding SENASBASA, 3(2), 311–321.

Andalas, Eggy Fajar. 2017. Pengaruh dan Fungsi Sosial Mitos Mbah Bajing Terhadap Kehidupan Spiritual Masyarakat Dusun Kecopoka Kabupaten Malang Jawa Timur. (1), 20-31.

Azizi, A. F. & Anggraini, P. (2019). Karakter kerja keras dan penokohannya dalam novel The Villains and Their Loneliness (1), 61-70.

Seorang teman, Burhan. 2006 Analisis kualitatif data penelitian. Jakarta: Countess Raja Persada. Dhamma, Budha. 1984. Jakarta:UniPress bekerja.

Anisah, AS (2017). Model pendidikan dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter anak. (1), 70-84.

Dewi, P.A.S.C., & Khotimah, H. (2020, lokaku). Pola asuh anak pada masa pandemi Covid-19. dalam publikasi (Vol. 4, hlm. 2433-2441).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ