APRESIASI SASTRA MELALUI PENERAPAN TADARUS SASTRA PADA MATA KULIAH KAJIAN DAN APRESIASI PROSA FIKSI

Siti Fatihaturrahmah Al Jumroh, Yeni Witdianti, Fenny Tifani Widodo

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar apresiasi sastra melalui penerapan tadarus sastra pada matakuliah Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kombinasi. Desain yang dipilih adalah Strategi eksploratoris sekuensial yaitu melibatkan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap pertama, yang kemudian diikuti oleh pengumpulan dan analisis data kuantitatif pada tahap kedua yang didasarkan pada hasil-hasil tahap pertama.  Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VII yang berjumlah 12 mahasiswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability Sampling yakni samping jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 mahasiswa. Hasil yang ditemukan bahwa penerapan Tadarus Sastra dalam pembelajaran apresiasi sastra, memiliki pengaruh yang signifikan, hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh oleh mahasiswa sebesar 80,00 dibandingkan pada pembelajaran apresiasi sastra tanpa penerapan tadarus sastra yang hanya sebesar 68,41, hal tersebut jelas terlihat bahwa ada perubahan yang lebih baik lagi setelah di terapkannya tadarus sastra pada pembelajaran tersebut khususnya pada mata kuliah kajian dan apresiasi prosa fiksi. Hal itu diperkuat oleh hasil uji statistik yakni uji t ditemukan nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis yang diajukan diterima.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2005). Penerapan Model Bengkel Sastra sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Cerita Pendek dan Menyusun Strategi Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Tesis. Bandung: UPI (Tidak Dipublikasikan)

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Universty Press.

Putra, A.W. (2012). Pembelajaran Pemeranan pada Mata Kuliah Apresiasi Drama dengan Menggunakan Model Bengkel Sastra Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Tesis. Bandung: UPI (Tidak Dipublikasikan)

Rohayati dan Kurniawati. (2013). Optimalisasi Penerapan Model Bengkel Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis dan Memusikalisasi Puisi. Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sayuti. (2009). Model Pembinaan Penulisan Karya Sastra Kolaboratif Produktif untuk Guru dan Mahasiswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Stranas. Yogyakarya: UNY

Sumardjo, Jakob, dan Saini K.M. (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ