RAGAM BAHASA REMAJA DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK; KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Mila Rosa Amelia, Siti Uswatun Hasanah, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan varian bahasa remaja di media sosial tiktok yang dianalisis melalui penelitian kajian sosiolinguistik dan juga diharapkan dapat memahami adanya ragam bahasa di media sosial terutama tiktok.

Ragam bahasa adalah ketidak seragaman dalam satu bahasa. Biasanya manusia memiliki kepandaian dalam berbahasa lebih dari satu bahasa, artinya setiap individu mampu berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda. 

Tiktok merupakan sebuah aplikasi online yang menghubungkan pertemanan di seluruh dunia. Media sosial yang sering digunakan oleh setiap kalangan, baik anak-anak bahkan dewasa adalah Aplikasi Tiktok. Banyak sekali ragam bahasa yang dapat kita jumpai dengan melihat media sosial tersebut. 

 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melihat vidio-vidio yang beredar di tiktok dengan memperhatikan konsep dari penelitian ini. penulis menganalisis secara langsung melalui bantuan media sosial tiktok dengan sumber-sumber yang terpilih dengan berdasarkan data yang sesuai.  

Data yang dianalisis berbentuk tuturan yang di dalamnya terdapat ragam  bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari media sosial TikTok. Dari data Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa indonesia mempunyai ragam bahasa dalam penggunaannya. 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan Dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. d. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Junus, F. G. (2019). Variasi Bahasa dalam Sosial Media: Sebuah Konstruksi Identitas. Prosing pada International Conference on Language, Culture, and Society,Jakarta, 2019.

Wiratno, T. D. (2014). Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ