IMPLEMENTASI BAHAN AJAR MELALUI NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT BATU MENANGIS DENGAN CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG

Luthfiani Luthfiani, Tarisha Salsabilla Rahmatya

Abstract


Cerita rakyat ialah cerita lampau yang diwarisi turun temurun secara lisan yang berasal dari masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat pada cerita rakyat tentunya berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan serta melihat perbandingan nilai-nilai moral yang terdapat pada cerita rakyat Batu Menangis dengan cerita rakyat Malin Kundang, menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam implementasinya, penggunaan metode deskriptif kualitatif berfungsi untuk menganalisis dan mendeskripsikan seacara detail data dalam penelitian. Objek yang diteliti ialah nilai moral dalam cerita rakyat Batu Menangis dan cerita rakyat Malin Kundang. Kedua cerita rakyat tersebut memiliki kesamaan pada nilai moral, yaitu harus berbakti kepada orang tua, terutama ibu. Hasil analisis nilai moral kemudian dideskripsikan untuk implementasi bahan ajar di sekolah, khususnya pada mata pelajaran sastra Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. 2018.

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Sukabumi: CV Jejak.

Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan

Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan

Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai

Pendidikan Karakter Religius Bagi

Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP,

UNISSULA. Jurnal Kredo, Vol.1

No.2.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi

Penelitian Sastra: Epistimologi,

Model, Teori, dan Aplikasi.

Yogyakarta: MedPress.

Hijiriah, Siti. 2017. Bagian Struktur,

Fungsi, Dan Nilai Moral Cerita

Rakyat Sebagai Bahan

Pembelajaran Apresiasi Sastra.

Jurnal Riksa Bahasa, Vol. 3 No. 1.

Irma, Cintya Nurika. 2017. Pendekatan

Sosiologi Sastra Dan Nilai-Nilai

Pendidikan Dalam Novel

Punakawan Menggugat Karya

Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra,

Vol.1 No. 1

Latupapua, Falantino Eryk, dkk. 2019.

Implementasi Teks Cerita Rakyat

Maluku Sebagai Bahan Ajar Bahasa

Indonesia Terkait Nilai Anti

Korupsi di SMA Negeri 1 Amahai,

Kecamatan Amahai, Kabupaten

Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan

bahasa dan sastra Indonesia

Arbitrer, Vol. 1 No. 1.

Merdiyatna, Yang Yang. 2019. Struktur,

Konteks, Dan Fungsi Cerita Rakyat

Karangkamulyan. Jurnal Salaka,

Vol. 1 No. 2.

Ronidin. 2011. MALIN KUNDANG,

IBUNDA DURHAKA: Suatu

Pendekatan Genetik. Jurnal Lingua

Didaktika, Vol.4 No.2.

Simega, Berthin. 2014. Nilai Sosial Dalam

Cerita Rakyat Toraja Tulangdidi

Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra.

Jurnal KIP. Vol 3 No. 2 JuliOktober 2014

Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai

Satu Metode Dalam Penelitian

Pertunjukan. Jurnal HARMONIA.

Vol 11 No. 2 2011.

Sumardi, Aida, dkk. 2020. Analisis Nilai

Akhlak Pada Legenda Malin

Kundang Dalam Perspektif Islam.

Jurnal Skripta, Vol. 6 No. 2.

Zuliyanti, dkk. 2018. Nilai Moral Dalam

Cerita Rakyat Pesisiran Sebagai

Alternatif Bahan Ajar. Jurnal sastra

Indonesia, Vol. 7 No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ