IMPLEMENTASI BAHAN AJAR MELALUI NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT BATU MENANGIS DENGAN CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG
Abstract
Cerita rakyat ialah cerita lampau yang diwarisi turun temurun secara lisan yang berasal dari masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat pada cerita rakyat tentunya berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan serta melihat perbandingan nilai-nilai moral yang terdapat pada cerita rakyat Batu Menangis dengan cerita rakyat Malin Kundang, menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam implementasinya, penggunaan metode deskriptif kualitatif berfungsi untuk menganalisis dan mendeskripsikan seacara detail data dalam penelitian. Objek yang diteliti ialah nilai moral dalam cerita rakyat Batu Menangis dan cerita rakyat Malin Kundang. Kedua cerita rakyat tersebut memiliki kesamaan pada nilai moral, yaitu harus berbakti kepada orang tua, terutama ibu. Hasil analisis nilai moral kemudian dideskripsikan untuk implementasi bahan ajar di sekolah, khususnya pada mata pelajaran sastra Indonesia.References
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. 2018.
Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sukabumi: CV Jejak.
Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan
Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan
Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter Religius Bagi
Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP,
UNISSULA. Jurnal Kredo, Vol.1
No.2.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi
Penelitian Sastra: Epistimologi,
Model, Teori, dan Aplikasi.
Yogyakarta: MedPress.
Hijiriah, Siti. 2017. Bagian Struktur,
Fungsi, Dan Nilai Moral Cerita
Rakyat Sebagai Bahan
Pembelajaran Apresiasi Sastra.
Jurnal Riksa Bahasa, Vol. 3 No. 1.
Irma, Cintya Nurika. 2017. Pendekatan
Sosiologi Sastra Dan Nilai-Nilai
Pendidikan Dalam Novel
Punakawan Menggugat Karya
Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra,
Vol.1 No. 1
Latupapua, Falantino Eryk, dkk. 2019.
Implementasi Teks Cerita Rakyat
Maluku Sebagai Bahan Ajar Bahasa
Indonesia Terkait Nilai Anti
Korupsi di SMA Negeri 1 Amahai,
Kecamatan Amahai, Kabupaten
Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia
Arbitrer, Vol. 1 No. 1.
Merdiyatna, Yang Yang. 2019. Struktur,
Konteks, Dan Fungsi Cerita Rakyat
Karangkamulyan. Jurnal Salaka,
Vol. 1 No. 2.
Ronidin. 2011. MALIN KUNDANG,
IBUNDA DURHAKA: Suatu
Pendekatan Genetik. Jurnal Lingua
Didaktika, Vol.4 No.2.
Simega, Berthin. 2014. Nilai Sosial Dalam
Cerita Rakyat Toraja Tulangdidi
Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra.
Jurnal KIP. Vol 3 No. 2 JuliOktober 2014
Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai
Satu Metode Dalam Penelitian
Pertunjukan. Jurnal HARMONIA.
Vol 11 No. 2 2011.
Sumardi, Aida, dkk. 2020. Analisis Nilai
Akhlak Pada Legenda Malin
Kundang Dalam Perspektif Islam.
Jurnal Skripta, Vol. 6 No. 2.
Zuliyanti, dkk. 2018. Nilai Moral Dalam
Cerita Rakyat Pesisiran Sebagai
Alternatif Bahan Ajar. Jurnal sastra
Indonesia, Vol. 7 No. 3.