VARIASI BAHASA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA DAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTISME

Afi Nuraida, Maiza Abidah Utami, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Autisme adalah penyakit saraf yang menyebabkan perbedaan komunikasi dan perilaku anak ketika berinteraksi dengan teman sekelas atau orang yang lebih tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa baik anak autis Variasi Bahasa dalam berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan mendeskripsikan, membaca, dan mengklasifikasikan tantangan-tantangan tersebut dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini banyak anak yang memiliki gangguan autisme bermasalah dengan kefasihan, artikulasi yang tidak jelas, dan anak autis lebih tertutup dan tidak berkomunikasi atau berinteraksi dengan sekitarnya, mereka bahkan lebih nyaman dengan dunianya sendiri tanpa melihat atau bahkan mendengarkan lawan bicara yang mengajaknya berkomunikasi.


Full Text:

PDF

References


Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah. 2018. Kemampuan Berbahasa Anak Autistik Usia 6 Tahun. Sekolah Cita Buana dan TK Rigatrik YPK PLN, Jakarta Selatan: Jurnal Kemampuan Berbahasa Anak Autistik, Vol. 1. No. 2.

Maha, R. N., Harahap, R. Perkembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autisme. Medan: Universitas Negeri Semarang.

Purwanta, E. 2005. Kesulitan Bicara dan Berbahasa pada Anak. Jakarta: Kemendiknas.

Sugiyono.2013. Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Winarno. 2013. Autisme dan Peran Pangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Yosfan, A. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ