NILAI EDUKATIF PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN DALAM CERITA RAKYAT ACEH “SI RAJA PARKIT” KARYA NOVI KURNIA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang anak usia dini sebagai awal mula untuk dikenalkan karya sastra dalam sarana nilai edukatif pada anak. Pembelajaran sastra untuk memperkenalkan bahasa dan mengapresiasi suatu karya sastra. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan menerapkan suatu karya sastra sebagai nilai edukatif dan berpengaruh terhadap kosa kata bahasa pada anak. Kemampuan anak dalam membaca karya sastra akan sangat mudah dalam membantu anak untuk kreativitas. Cerita rakyat pada anak usia dini menjadi alternatif dongeng di masa pandemi untuk menggiring anak agar mencintai buku sejak dini. Metode tersebut menggunakan kualitatif deskirptif dalam cerita rakyat Aceh “Si Raja Parkit” karya Novi Kurnia. Cerita rakyat tersebut sebagai karya fiksi untuk mengajak anak dalam membaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cerita rakyat Aceh “Si Raja Parkit” karya Novi Kurnia memiliki tiga aspek nilai yaitu: 1) nilai sosial; 2) nilai edukatif; 3) nilai moral. Melalui media cerita rakyat ini dapat menanamkan nilai-nilai serta menerapkan budi pekerti yang luhur pada anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Nuralia, Lia dan lim Imadudin. 2009.
Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara
Terpopuler. Ruang Kata: Bandung.
• Sambangsari, Sumbi. 2008. Kumpulan
Cerita Rakyat Nusantara. Wahyumedia:
Jakarta.
• T, Dipo Udi, 2007. (Embun di Ujung
Rumput) Kumpulan Peribahasa
Indonesia. Kawan Pustaka: Jakarta.
• Tim Optima Pictures. 2009. 101 Cerita
Nusantara. Transmedia Pustaka:
Jakarta.
• Barone, Diane M. 2011. Children's
literature in the Classroom Engaging
Lifelong Reader,s. New York: The
Guilford Press.
• Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.