NILAI EDUKATIF PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN DALAM CERITA RAKYAT ACEH “SI RAJA PARKIT” KARYA NOVI KURNIA

Angga Angga, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang anak usia dini sebagai awal mula untuk dikenalkan karya sastra dalam sarana nilai edukatif pada anak. Pembelajaran sastra untuk memperkenalkan bahasa dan mengapresiasi suatu karya sastra. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan menerapkan suatu karya sastra sebagai nilai edukatif dan berpengaruh terhadap kosa kata bahasa pada anak. Kemampuan anak dalam membaca karya sastra akan sangat mudah dalam membantu anak untuk kreativitas. Cerita rakyat pada anak usia dini menjadi alternatif dongeng di masa pandemi untuk menggiring anak agar mencintai buku sejak dini. Metode tersebut menggunakan kualitatif deskirptif dalam cerita rakyat Aceh “Si Raja Parkit” karya Novi Kurnia. Cerita rakyat tersebut sebagai karya fiksi untuk mengajak anak dalam membaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cerita rakyat Aceh “Si Raja Parkit” karya Novi Kurnia memiliki tiga aspek nilai yaitu: 1) nilai sosial; 2) nilai edukatif; 3) nilai moral. Melalui media cerita rakyat ini dapat menanamkan nilai-nilai serta menerapkan budi pekerti yang luhur pada anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Nuralia, Lia dan lim Imadudin. 2009.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara

Terpopuler. Ruang Kata: Bandung.

• Sambangsari, Sumbi. 2008. Kumpulan

Cerita Rakyat Nusantara. Wahyumedia:

Jakarta.

• T, Dipo Udi, 2007. (Embun di Ujung

Rumput) Kumpulan Peribahasa

Indonesia. Kawan Pustaka: Jakarta.

• Tim Optima Pictures. 2009. 101 Cerita

Nusantara. Transmedia Pustaka:

Jakarta.

• Barone, Diane M. 2011. Children's

literature in the Classroom Engaging

Lifelong Reader,s. New York: The

Guilford Press.

• Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ