NILAI MORAL DALAM NOVEL ANAK ENGLISH IS MY WORLD KARYA SABRINA PUTRI LOFISSA

Andini Andini, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Sastra anak merupakan suatu bentuk sarana kreatif imajinatif dengan pemaparan isi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak yang menggambarkan dunia rekaan, menghadirkan sebuah pengalaman, dan tentunya karya sastra anak mengandung nilai estetika di dalam karyanya. Kecil-kecil Punya Karya hadir dalam bentuk novel anak yang berisi sebuah cerita kehidupan dalam dunia anak-anak. Salah satu novel anak yang berjudul “English Is My World”, merupakan novel anak yang berisikan pembelajaran dalam kehidupan yang dapat diterapkan kepada anak dalam meraih impian mereka. Penelitian dalam novel anak ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel anak yang berjudul “English Is My World” karya Sabrina Putri Lofissa. Nilai moral menjadi fokus utama dalam penelitian ini karena moral merupakan nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk dalam kehidupan bersosialisasi yang sangatlah penting ditanam dalam diri anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data penelitian berupa sebuah narasi tertulis yang dapat mengoptimalkan nilai-nilai moral agar diterapkan oleh anak-anak. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu meningkatkan nilai moral terhadap anak-anak untuk proses tumbuh kembang anak.

Full Text:

PDF

References


Akhmad, K. A. 2015. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Devi, W. S. 2019. Teori Sastra. Jakarta: CV Al Chalief.

Ibung, Dian. 2013. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Elex Media Komputindo.

Khaironi, M. 2017. Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1-15.

Liliani, E. 2015. Konstruksi Gender dalam Novel-Novel Anak Karya Penulis Anak. LITERA, 14(1).

Lofissa, Sabrina Putri. 2011. Kecil-kecil Punya Karya: English Is My World. Bandung: DAR! Mirzan.

Setiari, A. D., & Supriyanto, T. 2016. Struktur Kepribadian dan Emosi Tokoh Utama Pada Novel Serial Anak-Anak Mamak. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 115-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ