KARAKTERISTIK TOKOH DALAM CERITA RAKYAT “KISAH EMPAT RAJA” KARYA: TRI EVENDI

Suhesti Anggraini

Abstract


Cerita rakyat adalah kumpulan cerita kolektif yang sebagian besar dibagikan oleh suatu kelompok. Dongeng merupakan salah satu contoh cerita rakyat yang menjadi bagian dari budaya setempat. Tokoh cerita dalam dongeng adalah tipikal manusia atau hewan yang menjalani kehidupannya sehari-hari. Akibatnya, sastra anak sering menggambarkan bagaimana anak-anak menjalani kehidupan sehari-hari sekaligus membantu mereka membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis. Penggunaan karakter dalam cerita rakyat sangat menarik. Hal ini disebabkan kekhasan karakter yang dipilih dalam cerita rakyat. Agar pembaca cerita dapat menggunakan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita rakyat Indonesia sebagai panutan, maka perlu dilakukan penilaian terhadap penampilan tokoh- tokoh tersebut dan ditelaah sifat-sifatnya. Peneliti dalam hal ini menggunakan analisis teori struktural. Pendekatan sastra yang dikenal dengan teori struktural mengkaji komponen struktur internal karya sastra (unsur intrinsik). Oleh karena itu, kajian tentang ciri-ciri tokoh dalam cerita rakyat Tri Evendi Kisah Empat Raja, Karena tokoh dan ciri-cirinya merupakan salah satu komponen penting yang membentuk sebuah karya sastra, maka akan digunakan analisis struktural untuk mendeskripsikannya. Kisah Empat Raja adalah cerita rakyat yang berlatar di desa Wawiyai, dimana dua tokoh utamanya adalah sepasang suami istri. Meski pasangan ini telah menikah cukup lama dan belum juga dikaruniai seorang anak, namun mereka tidak pernah putus asa dan terus berdoa memohon restu Tuhan. Hasilnya berupa deskripsi ciri-ciri kepribadian tokoh. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam mengajarkan sastra anak dan menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap sastra anak yang disebarkan melalui media. Sifat dan tingkah laku para tokoh dalam cerita rakyat anak nusantara berfungsi untuk menentukan siapa mereka.


Full Text:

PDF

References


Evendi, Tri. 2017. Cerita Rakyat Nusantara. Gunung Kidul:ANPEN Jaya.

Angga, Khaerunnisa. 2021. Nilai Edukatif Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Dalam Cerita Rakyat Aceh “Si Raja Parkit” karya Novi Kurnia. Disajikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 11 April 2021. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lukens, Rebecca J. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. New York: Longman.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santrock, J.W. 2007. Adolescence. United States: McGraw-Hill Companies. Wahyuningtyas. 2011. Sastra: Teori dan Impelementasinya. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ